Jumat, 29 Maret 2024

Kabel Optik Hampir Sampai Anambas

Berita Terkait

ilustrasi.

batampos.co.id – Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Kabupaten Kepulauan Anambas Japrizal, mengatakan pekerjaan penggelaran kabel optik bawah laut Palapa Ring Barat, saat ini progressnya sudah cukup bagus.

Jika tahun ini penggelaran kabel optik selesai, maka diperkirakan tahun 2018 mendatang Palapa Ring Barat sudah bisa dioperasikan.

Penggelaran kabel yang sudah diawali dari Batam beberapa waktu lalu, sekarang sudah hampir sampai ke Anambas. Bahkan terakhir dikabarkan sudah mulai masuk perairan Letung Kabupaten Kepulauan Anambas. “Kabar terakhir penggelaran kabel sudah sampai di Letung, saya rasa tidak lama lagi akan sampai ke pusat kota Tarempa,” ungkapnya, Jumat (16/11).

Dikatakannya untuk proses penggelaran kabel di tengah laut, kabel seperti biasa diberi beban kemudian ditenggelamkan hingga ke dasar laut. Namun prosesnya sangat lama sehingga untuk sampai ke Tarempa juga butuh waktu. “Kapalnya sudah hampir sampai tapi jalannya pelan-pelan,” ungkapnya lagi.

Dijelaskannya, jika Palapa Ring Barat ini sudah aktif maka diperkirakan jaringan di Anambas akan mengalami peningkatan bahkan diperkirakan seperti di Batam dan kota lain di Kepri. “Kalau sudah aktif, internet di Anambas akan lebih baik,” ungkapnya.
Jika sudah beroperasi, maka Palapa Ring Barat ini dapat dimanfaatkan siapa saja termasuk pemerintah daerah. Namun secara teknis dirinya belum mengetahui secara pasti. (sya)

Update