Petugas tengah melakukan kalibari meter air di Water Meter Lab dan Workshop PT Adhya Tirta Batam ATB. DOK/ATB

Biasa saja sebuah rumah direnovasi, tapi bagaimana cara memindahkan meter air?

PT Adhya Tirta Batam (ATB) memiliki mekanisme sendiri.

“Pelanggan bisa mengajukan pemindahan posisi meter dengan melampirkan persyaratan yang di tetapkan ATB. Pengerjaan pemindahan meter air akan dilakukan oleh kontraktor yang sudah terdaftar di ATB dengan pengawasan langsung oleh tim teknis ATB,” ujar Enriqo Moreno, Corporate Communication Manager ATB, Selasa (21/11)

Enriqo menambahkan, ada beberapa pelanggan yang mengajukan untuk memindahkan meter air. Mengingat, banyak pelanggan harus memindahkan meter air tersebut, karena letaknya tidak lagi terjangkau oleh petugas ATB akibat dilakukan perubahan bangunan.

“Bagian terpenting dalam memposisikan meteran air yang ada di pelanggan adalah mudah di akses oleh petugas pembaca meter, termasuk meter air harus di pelihara keberadaannya, agar meter air bisa berfungsi dengan baik,” jelas Enriqo.

Untuk persyaratan yang diharuskan dalam pengurusan pemindahan meter air, pelanggan bisa menyiapkan struk pembayaran tagihan air bulan terakhir, menyiapkan fotokopi kartu identitas/KTP yang masih berlaku. Apabila nama di KTP berbeda dengan pemilik bangunan, pelanggan harus melampirkan legalitas kepemilikan bangunan.

Selanjutnya bisa mengisi formulir reposisi meter di kantor pelayanan terdekat baik di kantor ATB Sukajadi, kantor pelayanan cabang Batu Aji, kantor pelayanan cabang Tiban serta kantor cabang pelayanan Bengkong serta membayar biaya pemindahan reposisi meter.

Enriqo melanjutkan, meter air memang harus disimpan di lokasi yang baik. Bila lokasi meter air tersebut menyebabkan meter air rentan rusak, ATB akan meminta pelanggan untuk memindahkan meter air tersebut ke tempat lain yang lebih baik dengan biaya pemindahan dari pelanggan.

“Meter air sebisa mungkin tidak ditempatkan di dalam bangunan, di rumah yang berpagar tinggi, tertimbun tanah, terendam air, tertimbun bahan bangunan atau di tempat mudah menyebabkan meter air rusak,” ujarnya. (*)