Ketua Tim Penguji Calon Dirut BUP Kabupaten Karimun, M Firmansyah (dua dari kanan) bersama para penguji lain. F. Sandi/Batam Pos

batampos.co.id – Dua calon Direktur Utama Badan Usaha Kepelabuhanan (Dirut BUP) Kabupaten Karimun, Fashida Dharma Yudastoro dan M Syahrizal mengikuti fit and proper test atau uji kelayakan dan kepatutan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Karimun, Kamis (23/11).

“Uji kepatutan dan kelayakan ini merupakan salah satu syarat yang harus diikuti oleh dua calon Dirut BUP,” kata Ketua Tim Penguji Calon Dirut BUP, M Firmansyah, yang juga Sekda Kabupaten Karimun.

Setiap calon menurutnya harus melalui setiap penguji yang terdiri dari delapan orang dalam satu tim.  “Masing-masing penguji memiliki keahlian tersendiri. Ini kami lakukan tidak lain untuk mendapatkan Dirut yang benar-benar memiliki kemampuan memimpin perusahaan dan juga kemampuan menjalankan perusahaan, sehingga bisa memberikan keuntungan untuk perusahaan dan daerah,” ujarnya.

Materi yang diujikan, kata Firman, secara umum hanya ada tiga. Yakni tes psikologi, wawancara dan uji kemampuan. Namun dari tiga materi ujian tersebut dijabarkan lagi menjadi beberapa macam. Seperti tes intelektual calon Dirut yang meliputi kecerdasan, analisan sintesa, penilaian secara verbal dan nonverbal serta fleksibilitas terhadap diri seorang calon Dirut.

“Kepribadian calon Dirut juga diuji. Khususnya terkait stabilitas emosional. Hal ini penting karena menyangkut kepemimpinan di dalam perusahaan dan juga dalam hal pengambilan keputusan,” tambah Firman.

Selain itu, kemampuan calon dirut dalam memotivasi untuk meningkatkan kinerja di dalam perusahaan juga diuji. Seorang dirut menurutnya harus mampu beradaptasi terhadap setiap perubahan yang terjadi. “Dari masing-masing tim penguji termasuk saya sendiri, akan memberikan penilaian terhadap kedua calon,” katanya.

Penilaian bersifat independen, yang benar-benar didasari hasil uji kepatutan dan kelayakan. “Karena kami mengharapkan Dirut BUP yang baru nanti memang benar-benar memiliki kemampuan seperti yang diujikan. Yang tidak kalah pentingnya adalah memiliki integritas dalam bekerja,” ungkapnya. (san)