Pilwako Pinang

batampos.co.id – Kehadiran Maya Suryanti pada seremoni peresmian pemilihan kepala daerah (Pilkada) Tanjungpinang yang ditaja Komisi Pemilihan Umum, tengah pekan lalu, menyiratkan sejumlah hal.

Kini semakin kentara bahwasanya putri mantan wali kota Suryatati A Manan ini semakin percaya diri akan terpilih sebagai pendamping wali kota petahana Lis Darmansyah pada pilkada tahun depan. Terlebih, kini Maya tinggal menunggu berkas rekomendasi dari Dewan Pengurus Pusat PDI Perjuangan setelah menempuh uji kelayakan dan kepatutan beberapa waktu lalu.

“Saya masih menunggu rekomendasi dari DPP PDI Perjuangan. Kalau ditanya siap atau tidak (maju ke pilkada, red), insyallah saya siap,” kata Maya.

Kesiapan yang disampaikan Maya ini juga bahkan hingga menyangkut dokumen-dokumen administratif yang kelak harus dilampirkan ketika melakukan pendafataran di KPU Tanjungpinang pada Januari mendatang. “Semua syaratnya pasti saya penuhi, tapi ya itu, saya tunggu rekomendasinya dulu. Sejauh ini, keluarga juga sudah mendukung keputusan ini,” ujar Maya.

Selain menyiratkan kepercayaan diri Maya akan maju kembali pada pilkada, kehadiran Maya tengah pekan lalu juga menguak hubungan personal dan politisnya dengan Lis Darmansyah yang semakin harmonis. Urusan pernah berkompetisi pada Pilkada Tanjungpinang 2013 silam, bagi Maya, adalah bagian dari masa lalu dan sekarang, tegas Maya, ia ingin sepenuhnya menatap masa depan.

“Yang lalu, biarlah berlalu. Pak Lis ketika mengajak, niatnya baik. Kalau niatnya untuk membuat Tanjungpinang menjadi lebih baik lagi, tidak ada salahnya kami bersinergi,” ujarnya.

Pilkada kedua ini tentu tidak lagi sama bagi Maya ketimbang pilkada 2013 silam. Kala itu, Maya mencalonkan diri sebagai calon wali kota berdampingan dengan Tengku Dahlan. Sementara kini, jika mendampingi Lis Darmansyah yang berstatus sebagai wali kota petahana, hampir dapat dipastikan Maya hanya akan menduduki kursi nomor dua. Perihal ini, Maya pun sudah tidak lagi mau memusingkannya.

“Sekali lagi, tidak lagi penting siapa yang jadi wali kota atau wakil wali kota. Yang penting tujuannya bekerja untuk membangun Tanjungpinang lebih baik lagi kan,” kata Maya.

Atmosfer kompetisi pada pilkada 2013 silam seolah telah dilupakan Maya. Kini, ia sedang menatap lembar baru petualangan hidupnya menghadapi pilkada kedua. Dan untuk itu, Maya mempersiapkan diri sebaik-baiknya mendampingi Lis yang, sepenuturannya, memang datang dengan permintaan dan niat baik untuk bersinergi membangun Tanjungpinang.

“Saya menghargai permintaan baik masyarakat, dan itu juga disampaikan Pak Lis. Komunikasi kami lancar, baik sekali. Sudah tak terhitung lagi bertemu dengan beliau. Doakan saja,” pungkas Maya. (aya)

Respon Anda?

komentar