Jumat, 19 April 2024

Baru 17 Desa Punya BUMDes

Berita Terkait

Bumdes Balkis Jaya budidaya ikan kerapu jadi produk unggulan Desa Rawa Jaya Moro. F.Tri Haryono/Batam Pos.

batampos.co.id – Dana Desa (DD) yang dibagi-bagikan Pemerintah Pusat melalui APBN bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan desa. Selain itu, desa juga bisa menggali potensi yang ada melalui pembentukan badan usaha milik desa (BUMDes). Dan, untuk Kabupaten Karimun belum semua desa mempunyai BUMDes.

”Memang, pembentukan BUMDes bukan suatu keharusan bagi desa yang menerima DD. Meski demikian, BUMDes termasuk prioritas sebagaimana keterangan dari Kementerian Desa dalam beberapa kali rapat kerja yang saya ikuti. Maksudnya, dengan adanya BUMDes di desa, maka bisa memberikan pendapatan untuk desa melalui dan akan menjadikan desa tersebut mandiri,” ujar Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Karimun, Suwedi kepada Batam Pos, Sabtu (25/11).

Untuk saat ini, katanya, baru 17 desa dari 42 desa yang ada di Kabupaten Karimun telah membentuk BUMDes. Dan, sudah dilaporkan kepada pihaknya dan diteruskan ke Kementerian Desa. Tata cara pembentukannya dilakukan oleh aparat desa. Yakni, terbuka pendaftarannya untuk masyarakat di desa tersebut dalam melakukan perekrutan untuk memimpin BUMDes.

”Untuk jenis-jenis usahanya bermacam-macam. Mulai dari kerja sama dengan dunia perbankan dalam hal buka tabungan baru untuk nasabah dan transaksi keuangan. Kemudian, juga ada usaha perikanan atau tam,bak ikan, penjualan ari bersih dan lainnya. Namun, sebagian besar berdasarkan laporan yang kita terima itu kerja sama jasa perbankan. Kita berharap desa yang belum mempnyai BUMDes dapat segera membentuknya. Karena, akan mendapatkan penialaian nilai tambahan dari pemerintah pusat,” ungkap Suwedi. (san)

Update