Rabu, 24 April 2024

Belum Ada Calon Independen

Berita Terkait

Pilwako Pinang

batampos.co.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tanjungpinang sudah membuka secara resmi pendaftaran bagi calon perseorangan atau independen yang ingin mengikuti pilkada hingga 29 November mendatang. Namun, hingga kini belum ada kabar terdengar bakal ada figur yang maju lewat jalur non-partai politik.

Pengamat politik Tanjungpinang, Zamzami A. Karim menaksir, bisa jadi memang tidak ada yang berminat maju lewat jalur independen. “Kalau dilihat dari nuansa desas-desusnya memang semakin ke sini semakin memudar, bahkan nyaris tidak terdengar,” ungkap Zamzami, Minggu (26/11).

Bila memang juga ada dan berkeinginan mendaftar di menit-menit akhir, Zamzami menyebutkan, semestinya kabar ini akan terdengar luas. Mengingat untuk maju pilkada via jalur non partai diperlukan setidaknya 14.621 KTP sebagai bukti dukungan. Dengan jumlah sebanyak itu yang tersebar di seluruh kecamatan, nyaris mustahil, kata Zamzami, jika gaungnya tidak terdengar.

“Atau jangan-jangan memang tidak ada calon independen di Pilkada Tanjungpinang kali ini. Karena kalau ada, untuk mengumpulkan syarat dukungan minimum, tidak mungkin sampai tidak terdengar adanya calon independen yang bakal maju,” ujarnya.

Dalam amatan Zamzami, peluang memenangi kontestasi Pilkada via jalur independen juga sangat terbuka, sama halnya dengan sokongan partai politik. Apalagi, sepengamatan Zamzami, sebenarnya masyarakat juga sudah menunggu adanya figur yang tampil berani maju lewat jalur independen.

“Kesempatan dan peluang independen maupun parpol bisa menang itu sama. Namun, untuk calon independen ini semua tergantung figur,” bebernya.

Kini, masa pendaftaran calon kepala daerah jalur independen tinggal tiga hari. Zamzami skeptis ada figur atau tokoh masyarakat yang berani menempuh langkah politik ini. “Masih ada kemungkinan dukungan kepada calon independen ini masuk. Walau hanya kemungkinan kecil,” ungkapnya.

Terpisah, Ketua KPU Tanjungpinang, Robby Patria menginformasikan, jelang tiga hari penutupan pendaftaran jalur independen, masih nihil peminat. “Sampai hari kedua belum ada tanda-tanda pendaftaran di KPU Kota. Namun help desk masih terus kami buka. Ini saja kami lagi jaga,” ujar Robby. (aya)

Update