Jumat, 29 Maret 2024

Biasakan Hidup Sehat

Berita Terkait

Ratusan warga mengikuti senam sehat Germas di parkiran Tanjungpinang City Centre, Minggu (26/11). F.Yusnadi/Batam Pos

batampos.co.id – Untuk menggalakkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), Dinas Kesehatan (Dinkes) Kepri mengadakan senam sehat di pelataran Parkir TCC Mall, Minggu (26/11). Dalam kegiatan kali ini, Dinkes menggandeng organisasi Fatayat NU dan TCC Mall untuk melakukan aktivitas fisik selama 30 menit tersebut.

“Ini merupakan sosialisasi rutin yang kita lakukan. Kami mengajak masyarakat untuk membiasakan pola hidup sehat. Salah satunya, dengan melakukan aktivitas olahraga senam minimal 30 menit setiap hari,” jelas Kabid Kesehatan Masyarakat Dinkes Kepri, Rizal Rynaldi.

Menurutnya, aktivitas olahraga sangat penting dan memiliki banyak manfaat. Diantaranya mencegah berbagai penyakit yang kerap menyerang.

“Tren penyakit sekarang itu sudah mulai berubah. Kalau dulu di puskesmas dan rumah sakit itu kebanyakan penyakit yang di derita adalah menular. Tapi sekarang justru penyakit tidak menular yang kerap dialami masyarakat, seperti diabetes, hypertensi, gagal ginjal, jantung serta stroke. Dan itu jelas penyakit yang diakibatkan dari prilaku dan pola hidup yang tidak teratur,” terangnya.

Untuk itu, lanjutnya, perlu dilakukan tiga hal penting untuk mengatur pola hidup sehat, sehingga terhindar dari penyakit tidak menular tersebut.

Diantaranya, melakukan gerakan fisik setiap hari minimal 30 menit, mengkonsumsi makanan yang teratur. Seperti sayuran dan buah-buahan, serta rutin melakukan mengecek kesehatan.

“Hal ini untuk menjaga agar tubuh tetap sehat, dan terhindar dari penyakit,” tegasnya.

Karena itu, pihaknya akan terus mensosialisasikan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat bagi seluruh masyarakat Kepri. “Mari kita memulai pola hidup sehat dari sekarang, sehat itu sangatlah berarti bagi diri kita dan juga keluarga. Dengan mengedepankan pola hidup sehat, segala penyakit akan bisa dicegah sejak dini,” imbuhnya. (cr20)

Update