Jumat, 19 April 2024

Tingkatkan Pelayanan Publik, Pemprov Bentuk Bank Data

Berita Terkait

batampos.co.id – Pemprov Kepri terus berupaya untuk mengusung asas transparansi publik dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Langkah tersebut adalah dengan membangun Comand Centre sebagai pusat Bank Data Pemprov Kepri. Comand Centre tersebut akan gesa pada pembangunan 2018 mendatang.

“Di era keterbukaan informasi sekarang ini, kita juga harus berinovasi. Sehingga bisa mengimbangi tuntutan masyarakat tentang informasi publik,” ujar Sekrtaris Daerah Kepri, TS. Arif Fadillah menjawab pertanyaan media di Kantor Gubernur Kepri, Tanjungpinang belum lama ini.

Dijelaskannya, pekerjaan pembangunan Comand Centre itu nanti menjadi tanggungjawab besar Dinas Komunikasi dan Infomasi (Diskominfo) Provinsi Kepri. Khususnya dibidang progres pembangunan dan penggunaan anggaran daerah, Diskominfo akan bersinergi dengan Biro Pembangunan, Pemprov Kepri dalam menyajikan data-data yang di update setiap hari.

“Artinya Diskominfo Kepri akan menjadi corong dalam menyuarakan tentang transparansi publik di Pemprov Kepri,” papar Sekda Arif.

Menurur Arif, proses pembenahan-pembanaham sudah dilakukan lewat tahun anggaran 2017 ini. Sedangkan anggaran 2018 nanti, yakni untuk menyempurkan lagi infrastruktur-infrastruktur pendukung untuk pembangunan Comand Centre, Pemprov Kepri. Selain perangkat tentunya akan menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal untuk mengelola Comand Centre.

“Kita ingin menjadikan Comand Centre sebagai Kapal Induknya dalam pelayanan e-goverment, e-planning. Tujuannya adalah untuk clean goverment and good goverment,” tutup Mantan Sekda Karimun tersebut

Terpisah, Kepala Diskominfo Kepri, Guntur Sakti mengatakan pihaknya membutuhkan waktu untuk mempersiapkan perangkat-perangkat pendukung yang representatif. Proses awal memang sudah di jalankan pada tahun 2017 ini. Sedangkan pada 2018 adalah untuk penyempurnaanya.

“Kita optimis dengan adanya Comand Centre nanti. Mudah-mudahan bisa memberikan pelayanan prima yang publik kepada masyarakat ataupun pihak-pihak yang membutuhkan,” ujar Guntur menambahkan.(jpg)

Update