Selasa, 16 April 2024

Tiga Puskesmas Belum Terakreditasi

Berita Terkait

Tips Mengatasi Anak yang Mengalami Tantrum

batampos.co.id – Dari tujuh Puskesmas yang ada di Tanjungpinang, tiga di antaranya belum terakreditasi. Yakni Puskesmas Mekar Baru, Puskesmas Melayu Kota Piring, dan Puskesmas Tanjungunggat. Ada pun Puskesmas Mekar Baru dan Puskesmas Melayu Kota Piring baru menjalani proses akreditasi selama empat hari ke depan yang baru dimulai Senin (27/11) kemarin.

Sekretaris Daerah Kota Tanjungpinang, Riono bersama Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Rustam mengikuti proses survey yang dilakukan tim penilai dari Kementerian Kesehatan RI.

Riono berharap proses akreditasi puskesmas ini bisa berlangsung lekas dan lancar. “Ini demi mewujudkan komitmen kepemimpinan Pak Lis dan Pak Syahrul yang ingin meningkatkan kualitas layanan kesehatan bagi masyarakat,” ungkapnya.

Berkenaan dengan Puskesmas Tanjungunggat, Riono menjelaskan, bahwasanya puskesmas ini sedang dalam tahap pembenahan. Sehingga tidak dapat diikutsertakan pada proses akreditasi yang sedang berlangsung kali ini.

“Kalau sudah siap semua, pasti lekas diajukan untuk diakreditasi. Sekarang ini, mudah- mudahan puskesmas Mekar Baru dan Melayu Kota Piring bisa memenuhi harapan dan dinyatakan lulus akreditasi,” katanya.

Harapan yang sama juga diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Tanjungpinang, Rustam. “Kami berharap, puskesmas Mekar Baru dan Melayu Kota Piring dapat meraih akreditasi yang tertinggi, minimal utama bahkan bisa paripurna. Sehingga bisa meningkatkan akses kesehatan dan kualitas pelayanan kesehatan, agar masyarakat mendapatkan pelayanan prima dapat terwujud,” tuturnya.

Ketua Tim Surveyor Akreditasi Puskesmas, dr. Vita Rosmeli menjelaskan ada tiga standar penilaian puskesmas untuk memenuhi kriteria persyaratan akreditasi, yaitu standar administrasi dan manajemen, standar program, serta standar pelayanan puskesmas.

“Semoga seluruh persyaratan akeditasi dapat dipenuhi oleh Puskesmas Mekar Baru dan Melayu Kota Piring,” pungkasnya. (aya)

Update