Kamis, 25 April 2024

59 Bangunan Pasar Daik Lingga Terbakar

Berita Terkait

Kebakaran yang terjadi dipasar Daik Lingga. Dugaan sementara kebakaran ini terjadi akibat arus pendek listrik di salah satu kios akuarium. F. Wijaya Satria/Batam Pos.

batampos.co.id – Sedikitnya 59 bangunan terdiri dari rumah, toko, kios, ruko dan gudang di Kampung Cina, Kelurahan Daik Kecamatan Lingga, Selasa (28/11) sekitar pukul 01.00 WIB rata dilahap si jago merah. Walau tak ada korban jiwa, namun musibah ini menelan kerugian materil miliaran rupiah.

Lokasi kebakaran adalah pasar Daik Lingga yang telah puluhan tahun menjadi tempat aktivitas transaksi jual beli kebutuhan sehari-hari bagi masyarakat Daik Lingga. Setelah kebakaran yang berkisar tujuh jam berlangsung itu, lokasi pasar tersebut rata dengan tanah dan menyisahkan puing-puing reruntuhan bangunan.

Menurut Kapolres Lingga AKBP Ucok Lasdin Silalahi, dugaan awal kebakaran terjadi akibat arus pendek listrik di salah satu kios akuarium. Karena kondisi rumah, kios dan ruko di kawasan Kampung Cina itu berdempet dan mayoritas berbahan kayu, maka api sangat cepat merambat ke toko dan kios lainnya.

“Toko-toko yang terbakar beberapa menjual barang-barang sembako dan sebagainya,” kata Ucok ketika memberikan keterangan kepada Batam Pos, Selasa (28/11) pagi.

Ucok menambahkan, saat kebakaran berlangsung, satu unit mobil pemadam kebakaran turun dan satu unit mobil dari BNPB Kabupaten Lingga dan bantuan warga setempat. Hingga saat ini kepolisian masih menyisir lokasi kejadian dan tidak menemukan korban jiwa. Sedangkan kerugian materil masih dalam perhitungan.

Di lokasi kejadian tampak Wakil Bupati Lingga M Nizar meninjau dan memerintahkan sejumlah Satpol PP untuk turun dan membantu dan mengawasi lokasi kejadian. Dia juga meminta Sekretariat KNPI Kabupaten Lingga menjadi tempat lokasi dapur darurat untuk memenuhi kebutuhan pangan korban yang tertimpa musibah.

“Selain itu beberapa lokasi seperti aula SMA dan bangunan lelasangguna untuk dijadikan lokasi evakuasi. Selain itu, Ada juga beberapa tenda evakuasi yang didirikan seperti di halaman Polsek Daik,” kata Nizar saat meninjau lokasi kebakaran.

Tak hanya lokasi evakuasi dan dapur umum, Nizar juga mengajak ibu-ibu PKK, GOW, Dekranasda dan sebagainya untuk bahu-membahu membantu saudara-saudara yang tertimpa musibah. Salah satunya dengan mengumpulkan pakaian, baju, celana serta makanan seperti mie instan, gula, beras dan sebagainya untuk korban kebakaran.
“Dari data sementara ada sekitar 31 KK yang menjadi korban kebakaran di Kampung Cina,” Yusrizal Nizar.

Nizar juga mengucapkan turut berduka dan prihatin kepada seluruh warga yang menjadi korban kebakaran. (wsa)

Update