Selasa, 16 April 2024

Wakapolda Kepri, Yan Fitri, Janji Berantas Korupsi

Berita Terkait

Kapolda Kepri Irjen Sam Budigusdian menyematkan tanda jabatan kepada Wakapolda Kepri Baru Brigjen Yan Fitri Halimamsyah pada acara sertijab Wakapolda di Mapolda Kepri, Selasa (28/11). F Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos.co.id – Brigjen Pol Yan Fitri Halimansyah kembali menduduki kursi Wakil Kepala Kepolsian Daerah (Wakapolda) Kepri, Selasa (28/11). Ia mengantikan Brigjen Pol Didi Hariono.

Adik kandung Wali Kota Tanjungpinang, Lis Darmansyah, ini pernah menjadi Wakapolda Kepri pada 2015 saat masih berpangkat Kombes.

Selain wakapolda, pucuk pimpinan Polda Kepri juga akan diganti. Kapolda Kepri Irjen Pol Sam Budigsudian akan digantikan oleh Irjen Pol Didid Widjanardi. Pelantikan kapolda baru Kepri ini rencananya akan digelar hari ini, Rabu (29/11).

Kapolda Kepri Irjen Pol Sam Budigsudian, mengatakan pergantian Wakapolda dan Kapolda Kepri ini untuk persiapan pengamanan oleh polisi menghadapi pemilu serentak 2018. Khusus di Kepri, pilkada hanya akan dilaksankan di Tanjungpinang, yakni pemilihan wali kota (Pilwako).

“Momentumnya pas, enam bulan sebelum Pilwako Tanjungpinang. Sehingga Kapolda dan Wakapolda yang baru bisa menyiapkan diri, untuk menyambut pesta demokrasi ini,” kata Kapolda Kepri Irjen Pol Sam Budigsudian, Selasa (28/11).

Ia mengatakan bahwa mutasi yang dilakukan Kapolri, bukan asal-asalan. Tapi ada tujuan di balik perpindahan personel ini. Sam mengatakan bahwa persiapan Kapolda dan Wakapolda Kepri ini, tak hanya untuk mengawal Pilwako Tanjungpinang. Tapi ada agenda politik yang lebih besar lagi tahun 2019 mendatang. “Pemilu 2019,” ungkap Sam.

Karenanya, kata Sam, pihak kepolisian harus melakukan persiapan sedini mungkin, agar gelaran pesta demokrasi di Tanjungpinang dan tahun 2019 bisa berjalan lancar tanpa hambatan. Walau dilihat dari jumlah personel yang masih kurang memadai, Sam optimis Kapolda yang baru bisa mengamankan pesta demokrasi ini.

“Idealnya untuk Kepri ini personel Polri 12 ribu. Tapi saat ini hanya 5.100 orang saja. Untuk menutupi kekurangan personel ini. Jajaran Polda Kepri diberikan pelatihan-pelatihan, lalu alustista yang baik,” ungkapnya.

Sam menilai Kapolda yang baru akan cepat menyesuaikan diri. Karena didukung oleh Wakapolda Brigjen Pol Yan Fitri Halimansyah yang sudah pernah jadi Wakapolda Kepri. “Waka (Yan Fitri, red) sudah paham dengan Kepri. Karena dulu (2015, red) kami sama-sama membangun SPN, dan program yang meminimalisir tindak kejahatan jalanan,” ujar Sam.

Tidak hanya meningkatkan program patroli jalanan. Sam menuturkan nantinya pemantauan terhadap media sosial akan ditingkatkan. Untuk melakukan pemantauan ini, Wakapolda Kepri yang baru akan mendatangkan alat. “Dan kami sudah mengirim sebanyak 10 orang, untuk pelatihan pengawasan berita-berita hoax,” tuturnya.

Terkait alat untuk memantau berita hoax ini. Sam mengatakan Polda Kepri akan jadi proyek percontohan. “Ke depan kami harap berita yang beredar tak ada lagi yang hoax,” ujarnya.

Sam menuturkan bahwa Rabu (29/11) dirinya akan menjalani prosesi serah terima jabatan di Mabes Polri. “Saya besok,” ucapnya.

Brigjen Pol Yan Fitri

Wakapolda Kepri Brigjen Pol Yan Fitri Halimansyah berjanji tidak akan melakukan korupsi, kolusi, nepotisme, serta gratifikasi dari siapapun.

“Akan bekerja dengan jujur, displin bertanggungjawab untuk kepentingan masyarakat, bangsa dan negera,” ungkapnya.

Selain serah terima jabatan Wakapolda Kepri, Irjen Pol Sam Budigsudian juga memimpin sertijab Karo SDM Kombes Pol Bariza Sulfi yang dimutasi sebagai Analis Kebijakan Madya Bidang Binkar SSDM Polri (dalam rangka Dik Sespimti T.A 2018).

Posisi yang ditinggalkannya digantikan oleh Kombes Pol Djoko Susilo yang sebelumnya menjabat sebagai Assessor Utama Bagkompeten Ro Binkar SSDM Polri. Kombes Pol Helmy Santika Dirresnarkoba Polda Kepri dimutasikan sebagai analis kebijakkan madya bidang Pideksus Bareskrim Polri (dalam rangka Dik Sespimti). Posisinya ini digantikan oleh Kombes Pol K. Yani Sudarto yang sebelumnya menjabat sebagai pemeriksa utama Puslabfor Bareskrim Polri.

Kombes Pol Musa Ikipson Manaek Muara Tampubolon DirIntelkam Polda Kepri dimutasikan sebagai Kabagsumda Rorenmin Baintelkam Polri. Posisinya ini digantikan oleh Kombes Pol Bagus Giri Basuki yang sebelumnya menjabat sebagai Kasubdit II Ditsosbud Baintelkam Baintelkam Polri. Kombes Pol Lutfi Martadian yang sebelumnya menjabat Dirreskrimum Polda Kepri dimutasi sebagai analis kebijakan madya bidang Pidum Bareskrim Polri. Posisinya digantikan oleh AKBP Arief Dwi Koeswandhono SIK yang sebelumnya menjabat sebagai Wadirreskrimum Polda Jambi.

Sementara AKBP Charles Panuju Sinaga yang sebelumnya menjabat Kapolres Natuna dimutasi sebagai Pamen Polda Kepri. Posisinya digantikan oleh AKBP Nugroho Dwi Karyanto yang sebelumnya menjabat sebagai Kabagbinopsnal Dit Lantas Polda Kepri. Sedangkan AKBP Febrianto Guntur Sunoto Kapolres Bintan Polda Kepri dimutasikan sebagai Wadir Pamobvit Polda Riau, digantikan oleh AKBP Boy Herlambang yang sebelumnya menjabat sebagai Kabagwassidik Ditreskrimum Polda Kalteng.

Kemudian AKBP Boy Herlambang bukan orang baru di kepolisian di wilayah Kepri. Ia dulu pernah bertugas di Polresta Barelang, Kasat Reksrim Polres Karimun, Kapolsek Lubukbaja, dan Kasat Narkoba Polresta Barelang. (ska)

Update