Bupati melakukan cukur rambut di acara Sariful Anam, Jumat (1/12). F.Humas Pemkab Karimun untuk Batam Pos.

batampos.co.id – Sebanyak 150 bayi se-Kabupaten Karimun mengikuti cukur rambut massal di pendopo rumah dinas Bupati, Jumat (1/12) kemarin. Cukur rambut massal yang diselenggarakan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Karimun ini, dilaksanakan dalam rangka menyambut Maulid Nabi Muhammad SAW.

Bupati Karimun Aunur Rafiq menyebutkan, acara cukur rambut atau Sariful Anam merupakan tradisi Melayu yang membudaya di Kabupaten Karimun. Tujuannya agar bayi sebagai generasi penerus menjadi anak yang saleh, dan saleha. Tertutama menjadi insan yang Qurani serta bertakwa.

“Kegiatan ini ajang melestarikan budaya Melayu yang turun menurun. Kemudian, sebagai momen untuk memperkenalkan tradisi Melayu kepada wisatawan mancanegara,” ungkap Bupati.

Sementara Plt Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Karimun Zamri menyebutkan, peserta (bayi) cukur rambut massal tahun ini diikuti dari 12 kecamatan. Masing-masing kecamatan menyertakan 10 bayi, sisanya dari kabupaten.

“Sariful Anam ini merupakan kali kedua kit laksanakan. Tahun depan, akan diikuti lebih banyak peserta lagi, agar meraih rekor MURI,” janji Zamri. (enl)