Kamis, 28 Maret 2024

Anambas-Batam Dapat Unit Sekolah Baru

Berita Terkait

batampos.co.id – Meskipun belum disahkan lewat sidang paripurna DPRD Kepri. Sudah dipastikan, Pemerintah Provinsi Kepri melalui Dinas Pendidikan (Disdik) Kepri akan membangun tiga unit sekolah. Yakni dua di Kota Batam dan satu di Kabuapten Kepulauan Anambas.
“Perencanaan kita sudah matang, di 2018 nanti ada tiga USB yang kita gesa pembangunannya. Pembangunan ini bertujuan untuk memberikan pelayanan pendidikan menjadi lebih baik lagi,” ujar Kepala Bidang Pendidikan Menengah Atas (SMA) Disdik Kepri, Atma Dinata menjawab pertanyaan Batam Pos, kemarin.
Menurut Atma, untuk Detail Engineering Design (DED) ketiga sekolah tersebut akan dirampungkan lewat APBD Perubahan 2017 ini. Masih kata Atma, untuk target pelaksanaan lelang kegiatan dijadwalkan pada Januari mendatang.
“Target kita adalah, tiga USB itu nanti rampung sebelum tahun ajaran baru 2017/2018. Sehingga bisa meminimalisir persoalan klasik yang terjadi,” paparnya.
Dijelaskan Atma, dua USB di Batam akan dibangunan di kawasan padat penduduk. Yakni di Batu Aji dan Tanjungriau. Lebih lanjut katanya, dengan adanya tiga sekolah baru tersebut, bisa menampung 108 pelajar. Jika acuannya adalah Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud).
Diuraikannya juga, untuk di Kiabu, Anambas pada jangka menengah ini cukup dengan tiga ruang belajar. Karena tingkat jumlah penduduk sedikit. Dipaparkan Atma, pembangunan USB di Kiabu tersebut sudah cukup dan tidak perlu adanya penambahan Ruang Kelas Baru (RKB) lagi.
“Kapasitas ideal menurut Permendikbud adalah 36 orang untuk satu ruang. Setiap USB akan dilengkapi tiga ruang kelas, perkantoran, majelis guru dan toilet,” paparnya lagi.
Ditambahkan Atma, khusus di Batam tidak cukup jika hanya dengan tiga ruang belajar. Kedepan, tentu akan dilakukan penambahan Ruang Kelas Baru (RKB). Disebutkannya, karena terbatasnya lahan, sistem pembangunan disiasati bertingkat.
“Lahan kita terbatas, sehingga konsep pembanguannya adalah bertingkat. Sehingga bisa lebih representatif,” tutup Atma.(jpg)

Update