Jumat, 29 Maret 2024

Libur Panjang, Setidaknya 5 Ribu Warga Nyebrang ke Singapura

Berita Terkait

Sejumlah penumpang terlihat ramai pada saat akan menikmati liburan di Pelabuhan Internasional Batamcenter, Jumat (1/12). F Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos.co.id – Ribuan penumpang yang hendak ke Singapura menyerbu Pelabuhan Ferry Internasional Batamcenter, Jumat (1/12) pagi. Sejumlah petugas keamanaan pun disiagakan agar situasi tetap kondusif meski ramai.

Petugas Pelabuhan Internasional Batamcenter, Hendrianto Pegen mengatakan jumlah penumpang sudah membludak mulai pukul 06.00 WIB hingga pukul 09.00 WIB. Diperkirakan pagi itu, jumlah penumpang yang berangkat dari Pelabuhan berada diangka 5000 orang.

“Ramainya pagi pas, Ferry pertama. Dari data yang saat lihat sementara, penumpang yang berangkat pagi itu, lebih dari 5000 orang,” kata Hendri kepada Batam Pos.

Dikatakannya, keramaian penumpang pagi itu melebihi dari penumpang pada hari biasa. Bahkan, ia menduga, lonjakan penumpang akan kembali terjadi pada Sabtu (2/12) pagi.

“Biasanya penumpang yang berangkat bisa mencapai 8000-9000an. Pada wekeend biasa juga segitu, namun bisa jadi lebih ramai, karena tanggal merah hari ini (Jumat, red). Rata-rata berangkat ke Singapura,” terang Hendri.

Namun, Hendri tak bisa menyampaikan berapa jumlah penumpang yang datang dari Singapura atau Malaysia. Sebab, pihaknya hanya menghitung penumpang yang berangkat.

“Kalau yang datang sudah ramai dari kemarin, namun kami tak punya data berapa jumlah yang datang,” imbuh Hendri.

Sementara, Petugas Keamanan Pelabuhan Internasional Batamcenter, Jan Patar mengatakan sekitar 16 petugas berjaga pagi itu untuk mengamankan situasi. Setiap titik yang rawan penumpukan penumpang dijaga agar tak menumpuk.

“Saling berkoordinasi agar penumpang tak menumpuk. Total petugas keamananu ada 38 orang, dibagi dalam dua shift,” pungkas Jan Patar.

Pantauan Batam Pos, siang itu terlihat ratusan penumpang lalu lalang di lobi Pelabuhan. Ada penumpang yang hendak berangkat, ada juga penumpang dari Singapura yang baru sampai. (she)

Update