Jumat, 29 Maret 2024

Manfaat Sail Sabang 2017 Mengalir sampai Jauh

Berita Terkait

ilustrasi: pixabay

Event sail terbesar di Indonesia, Sail Sabang 2017 benar-benar membawa banyak berkah bagi Aceh.

“Alhamdulillah Sail Sabang bawa banyak berkah. Kopinya makin terkenal. Makin laku. Begitu juga jasa penyewaan mobil dan penginapan. Semuanya laris,” terang Kadispar Aceh Reza Fahlevi, Jumat (1/12).

Reza memang tak asal bicara. Saat Sail Sabang 2017, kedai-kedai kopi di Sabang dan sekitarnya makin laku keras. Tua, muda, laki-laki dan perempuan, wisman, wisnus, semuanya seakan kompak menyeruput kopi Aceh.

Tengok saja kawasan Tugu Garuda yang merupakan jantung Kota Sabang. Kedai-kedai kopi di sana selalu penuh. Dari pagi hingga dini hari, tempat nongkrong ini selalu ramai pengunjung.

Kualitas kopinya? Jangan diragukan lagi. Aceh adalah salah satu daerah produsen kopi kelas dunia. Sejak era kolonial Belanda hingga sekarang, Aceh punya dua daerah sentra produksi kopi yang keren. Yang pertama Ulee Kareng. Satunya lagi Gayo.

Kopi Ulee Kareng yang termasuk jenis kopi Robusta dihasilkan dari Kecamatan Ulee Kareng. Sementara kopi Gayo termasuk jenis Kopi Arabika. Di pasar dunia, kopi Gayo bahkan sudah masuk kelas kopi premium. Kedua jenis kopi inilah yang mengharumkan nama Aceh sebagai salah satu produsen kopi terbaik di Tanah Air yang merajai 40% pasar dalam negeri.

Khusus untuk Kopi Ulee Kareng lebih gampang dijumpai. Hampir semua kedai kopi di Banda Aceh menyuguhkan kopi produksi daerah ini. Proses pengolahan bubuk kopinya sangat unik. Bubuk kopi tidak sekedar diseduh dengan air panas. Kopinya ikut dimasak. Alhasil, aroma dan citarasa kopi yang keluar benar-benar kuat. Kopi yang telah dimasak ini kemudian mengalami beberapa kali proses penyaringan menggunakan saringan berbentuk kerucut.

Kopi andalan di sini adalah kopi hitam Aceh. Biasanya disajikan dalam gelas kaca. Tidak manis, namun tetap ramah di lambung. Selain kopi hitam, di sini juga ada teh tarik dan kopi susu.

Sepintas melihat tampilannya, kopi ini mirip dengan kopi susu. Tetapi yang khas adalah komposisi susu dan gulanya yang tidak dominan. Ini membuat keharuman dan citarasa kopinya lebih terasa. Campuran kopi saring, susu kental dan gula ini kemudian dikocok hingga berbusa.

Bukan hanya kopi, makanan juga laku keras. Mie Aceh, nasi kari, sate gurita, sayur pliek U (semacam gulai), Kue Karra dan kue-kue basah, semuanya ikut diburu wisatawan. Kesan yang terasa, Sail Sabang 2017 membuat Aceh menggeliat.

“Sudah kebiasaan orang kalau datang ke sebuah daerah mereka ingin tahu makanan khas daerah tersebut. Dengan adanya Sail Sabang 2017 ini, kita tak hanya mengenalkan kuliner khas Sabang khususnya dan Aceh, tetapi juga memberi manfaat bagi usaha masyarakat di sini. Tentu ini rezeki buat mereka,” timpal Deputy Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Esthy Reko Astuti.

Menurut Esthy, pelaku usaha kuliner, travel dan usaha lainnya harus benar-benar pandai memanfaatkan momen ini. “Ini kesempatan buat mengembangkan usaha mereka. Peran Dinas Pariwisata Sabang juga dibutuhkan. Usai event ini mereka harus bisa melanjutkan gairah wisata yang sudah menggeliat ini. Sehingga apa yang dilakukan sat ini dengan dukungan pemerintah pusat bisa benar-benar terasa manfaatnya,” ujar Esthy.

Sementara Kepala Bidang Promosi Wisata Budaya, Wawan Gunawan, mengatakan kuliner yang merupakan bagian dari budaya daerah memang melekat dengan pariwisata. “Setiap wilayah punya kekhasan sendiri, termasuk kulinernya. Rasanya belum lengkap jika datang ke sebuah daerah tanpa menikmati kuliner khas daerah tersebut,” ujar Wawan.

Yang lebih penting lagi, berkhanya langsung terasa sampai ke masyarakat. Semuanya happy. Semuanya sumringah. “Senang kita. Tamu ramai dan penghasilan juga ramai. Tak pernah sepi kedai ini bang,” ujar Hasan, penjaga kedai de Sagoe Kuphie.

Hal senada juga disampaikan Dian, driver travel. Sudah dua hari ini dia disewa untuk mengantarkan tamu di kota kelahirannya. “Kita bawa tamu dari Jakarta. Mereka mau lihat Sail Sabang. Alhamdulillah ramai order dengan adanya Sail Sabang ini,” ujar bapak satu anak ini.

Sail Sabang yang digaungkan Kementerian Pariwisata itu juga sukses membuat Pulau Weh menggeliat. Keindahan alam Pulau Weh dan berbagai acara yang disuguhkan, membuat wisatawan yang datang tak ragu melayangkan dua jempol.

“Kemarin keluarga sudah lihat itu kapal Dewa Ruci merapat di Pelabuhan CT 3. Anak saya yang usianya 6 tahun suka sekali. Apalagi ada atraksi drumband dari TNI,” ujar Badrun yang menginap di homestay di kawasan Jalan Senopati Sabang.

Beragam fakta tadi membuat Menpar Arief Yahya makin bersemangat. Pesannya hanya satu. Dia ingin, Sail Sabang 2017 tidak hanya sukses dalam penyelenggaraan, tetapi juga sukses dalam tindak lanjutnya.

“Sail Sabang 2017 tidak hanya sukses di penyelenggaraannya. Itu juga harus sukses di tindak lanjutnya,” ujar Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya.

Karenanya, dia akan terus mendorong agar bisnis wisata bahari di sana sukses. Bisnisnya bisa sustain. Levelnya pun akan terus didorong naik kelas seiring dengan di-createnya poros Sabang, Phuket, Langkawi. “Sabang harus menjadi international hub. Harus memiliki event rutin dari Segitiga Sabang-Phuket-Langkawi (Saphula). Ini akan memberi keuntungan ke banyak pihak. Masyarakat juga bisa merasakan dampak langsungnya karena spending satu yacht itu bisa mencapai Rp 1 miliar,” ujar Menpar. (*)

Update