Bupati dan wakil Bupati saat melakukan proses wisuda santri. F. Tri Haryono/Batam Pos.

batampos.co.id – Sebanyak 863 santri dan santriwati di lima kecamatan Pulau Karimun diwisuda oleh Bupati Karimun Aunur Rafiq didampingi Wakil Bupati Anwar Hasyim di halaman rumah dinas Bupati Karimun, Minggu (3/12).

Dari total 1.006 santri santriwati yang telah lulus belajar Taman Pendidikan Al-Quran (TPQ) se-Kabupaten Karimun di tahun 2017 ini. “Selamat kepada anak-anak ku santri dan santriwati. Teruslah belajar mengaji, walaupun sudah diwisuda,” pesan Aunur Rafiq.

Dikatakan, walaupun wisuda santri dan santriwati secara swadaya dari orangtua. Tidak menjadi alasan, untuk terus memberikan dukungan kepada anak-anak agar dapat meningkatkan pemahaman terhadap isi kandungan Al Quran. Sehingga, saat melanjutkan sekolah hingga jenjang perkuliahan nanti bisa menjadi benteng keimaman anak tersebut.

“Maklum zaman sekarang, kalau tidak dibekali agama anak-anak kita akan salah langkah. Zaman terus berubah, seiiring dengan perkembangan dunia yang tanpa batas, apapun bisa terjadi kepada anak-anak kita,” tuturnya.

Selain itu kata Rafiq juga, telah berjanji secara bertahap ditahun berikutnya akan memperhatikan kesejahteraan guru-guru TPQ yang diwadahi oleh Badan Musyawarah Pengurus dan Guru (BMPG). Sebab, saat ini belum bisa menaikan insentif para guru-guru TPQ tersebut dikarenakan defisit anggaran.

“Saya bersama Pak Wakil Bupati telah berkomitmen untuk memperhatikan guru-guru TPQ. Tapi harap bersabar dahulu,” ungkapnya.

Sementara Ketua TPQ Kabupaten Karimun Zaini mengungkapkan, dari 1.006 santri santriwati se Kabupaten Karimun, hanya 863 orang yang diwisuda dengan rincian kecamatan Karimun 258, Meral 236, Meral Barat 162, Tebing 104, dan Buru 103.
“Wisuda ini atas peran serta orangtua. Sehingga terlaksanakan, wisuda secara masal dari berbagai TPQ yang ada di lima kecamatan,” singkatnya.

Pantauan di lapangan, walaupun sebelum dilaksanakan wisuda cuaca turun hujan namun tidak surut semangat para santri santriwati menunggu untuk diwisuda oleh Bupati Karimun. ” Banggalah, anak saya diwisuda oleh Bupati Karimun,” kata Eddy sambil berfoto bersama dengan Bupati dan anaknya.(tri)