Polisi. F Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos.co.id – Polresta Barelang sejauh ini masih kekurangan sekitar 600 lebih personel polisi akibat tingginya angka pensiun yang tidak berimbang dengan penambahan anggota baru hasil rekrutmen setiap tahunnya.

Kabag Sumber Daya (Sumda) Polresta Barelang Kompol Dunya Harun mengungkapkan bahwa, jumlah ideal personel polisi di jajaran Polresta Barelang seharusnya adalah 1.698 orang.

“Itu angka idealnya, tapi selama ini angka itu belum bisa terpenuhi karena beberapa faktor, salah satunya angka pensiunan anggota kami yang cukup besar setiap tahunnya,” kata Dunya.

Saat ini, kata dia, jumlah personel polisi di bawah naungan Polresta Barelang tercatat sebanyak 1.063 orang. Sebelumnya ada empat anggota Polresta Barelang terpaksa harus menerima hukuman pemberhentian tidak dengan hormat (PTDH).

“Baru-baru ini ada yang di PDTH karena melakukan tindak pidana dan pelanggaran disiplin. Tentunya, dengan diberhentikan empat personil itu jumlahnya akan menyusut lagi,” katanya.

Meski dengan keterbatsan personil bukan berarti hal itu akan menghambat crop berseragam coklat untuk memberikan pelayanan dan pengamanan yang maksimal terhadap masyarakat. Dengan menggandeng elemen masyarakat, kepolisian akan terus menciptakan Kamtibmas tetap nyaman dan aman.

“Artinya, Polri sinergitas Forkompinda, LSM serta tokoh masyarakat. Ini yang terus kami lakukan untuk menjaga kondisi di wilayah hukum Polresta Barelang agar tetap aman,” tegasnya.

Dunya menambahkan, Polresta Barelang telah beberapa kali mengajukan penambahan personel polisi ke Polda Kepri. Menurutnya, setiap enam bulan atau satu semester, paling banyak itu Polresta Barelang mendapatkan tambahan 15 personil.

“Penambahan anggota itu tergantung banyak atau tidaknya penerimaan atau pindahan dari luar. Paling banyak itu penambahan sebanyak 15 orang,” imbuhnya. (cr1)