Kamis, 28 Maret 2024

Maksimalkan Kinerja, Dirgahayu Polairud

Berita Terkait

Kapolda Kepri Irjen Pol Didid Widjanardi didampingi Wakapolda Kepri Brigjen Pol Yan Firi berbincang dengan Dirpolair usai upacara peringatan HUT Polairud di Mapolda Kepri, Selasa (5/12). F Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos.co.id – Jajaran Polda Kepri memperingati HUT ke-67 Polairud di lapangan Mapolda Kepri, Selasa (5/12).

Mengambil tema Korp Polairud siap mewujudkan Polri yang promoter guna menukung suksesnya pengamanan Pilkada, Kapolda Kepri, Irjen Didid Widjanardi berjanji akan meningkatkan kinerja Polairud di Kepri, meski dengan keterbatasan jumlah personel dan sarana.

“Dengan keterbatasan inilah, bagaimana caranya agar kinerja Polairud Polda Kepri bisa lebih ditingkatkan lagi. Salah satunya, saya berharap kepada personel Polairud Polda Kepri meningkatkan motivasi kinerja dan tugasnya untuk menekan kerugian negara dari aksi penyelundupan di perairan,” ujar Irjen Didid Widjanardi.

Untuk penegakan hukum di perairan Kepri, lanjut Irjen Didid, kendalanya tak hanya keterbatasan jumlah personel dan sarana saja.

“Terkait undang-undang mengenai penegakan hukum di perairan, yang berwenang itu tak hanya dari Polairud saja. ada aparat negara lainnya, ada instansi pemerintah juga seperti KKP yang juga memiliki wewenang melakukan penegakan hukum. Jadi, Polairud tak bisa sepenuhnya memiliki kewenangan penegakan hukumnya,” terang Irjen Didid.

Polairud, lanjut Irjen Didid, hanya berwenang untuk penegakan hukum perikanan dan kelautan, sebatas wilayah teritorial saja. Lepas dari itu, tak punya kewenangan penuh.

Pasukan Polair Polda Kepri meningalkan lapangan uasai mengikuti upacara peringatan HUT Polairud di Mapolda Kepri, Selasa (5/12). F Cecep Mulyana/Batam Pos

“Makanya kendala tersebut, kadang-kadang diantisipasi dengan melibatkan penyidik PPNS dari KKP. Intinya Polairud Polda Kepri harus memperkuat sinergitas dengan lembaga lainnya yang memiliki kewenangan juga dalam penegakan hukum di perairan,” kata Irjen Didid.

Intinya, lanjut Irjen Didid, bagaimana kinerja Polairud Polda Kepri dalam menegakkan hukum di laut, bisa mampu mengangkat kesejahteraan masyarakat Kepri dari sektor kelautan.

“Sebab di wilayah Kepri ini, 96 persennya merupakan wilayah perairan. Itu yang harus kami tekankan ke personel Polairud Polda Kepri,” ujar Irjen Didid mengakhiri. (gas)

Update