Jumat, 29 Maret 2024

Ribuan KTP Mengendap di Kantor Camat

Berita Terkait

Warga antre mengurus KTP di Kecamatan Batuaji, Senin (13/11). Kota Batam saat ini mendapat blangko KTP Elektronik dari pusat. Penerimaan ini yang ke enam kali dari pusat pada tahun 2017. F Dalil Harahap/Batam Pos

batampos.co.id – Ribuan Kartu Tanda Penduduk elektronik (KTP el) yang sudah selesai dicetak oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Batam mengendap di kantor Kecamatan Sekupang.

“Sedikitnya seribu KTP el sudah selesai di cetak, dan tak diambil pemiliknya,” kata Camat Sekupang Muhammad Arman, Selasa (5/12).

Ribuan KTP el yang menumpuk ini merupakan pengajuan warga dari tahun lalu, dan sudah diselesaikan pada tahun ini.

“Kami sudah mengirimi pesan kepada nomor pemiliknya, namun belum direspon hingga saat ini, maka jadilah penumpukan,” kata dia.

Untuk itu, dalam waktu dekat ini, pihaknya akan mengumumkan nama-nama pemilik KTP el berdasarkan keluarahan masing-masing agar lelbih memudahkan warga untuk mengambil KTP mereka.

“Nanti KTP el akan kami sortir berdasarkan kelurahannya. Kami akan ajak seluruh lurah untuk turut menginformasikan kepada warga mereka untuk segera menjemput KTP el mereka,” terang mantan Sekretaris Camat Sekupang ini.

Ia menargetkan hingga akhir tahun nanti, KTP el yang menumpuk di kantor kecamatan bisa segera diambil oleh pemiliknya.

“Semakin cepat mereka ambil semakin baik, jadi kami tak ada beban jika KTP el tersebut hilang atau tercecer, karena ketersediaan blanko saat ini juga belum terlalu banyak,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Disdukcapil, Said Khaidar mengatakan sepanjang tahun ini sediktnya 64 ribu KTP el sudah rampung dicetak. Dari jumlah tersebut sudah 70 persen yang diambil pemiliknya. “Laporan dari camat memang masih banyak yang belum ambil, padahal sudah diinfokan,” kata dia.

Untuk itu, dia mengimbau kepada camat dan lurah untuk bekerjasama demi menyukseskan pendistribusian KTP tersebut.

“KTP ini data penting, jadi tolong yang sudah mendapat SMS untuk bisa mengambil KTP elnya,” imbau Said.(cr17)

Update