Kamis, 28 Maret 2024

Tingkatkan Keahlian Tenaga Lokal

Berita Terkait

batampos.co.id – Meningkatkan keahlian bagi tenaga kerja lokal, Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Karimun, melaksanakan pelatihan dan sertifikasi fitter yang diikuti sebanyak 25 orang, Selasa (5/12). Sebelumnya Disnaker telah melakukan pendataan sebanyak 65 orang di setiap kecamatan. Kemudian dilanjutkan dengan seleksi administrasi hingga memenuhi persyaratan lulus mencapai 25 orang.

“Sistem penyeleksiannya cukup bagus. Saya menyambut baik pelatihan ini bagi tenaga kerja lokal, agar bisa meningkatkan keahlian di bidang fitter yang banyak dipergunakan di dunia industri shipyard atau galangan kapal,” jelas Ketua Komisi I DPRD Karimun Anwar Abu Bakar.

Diharapkan kegiatan ini dilaksanakan setiap tahun dengan menambah peserta yang ikut pelatihan. Terutama bagi calon tenaga kerja lokal, agar bisa menjadi bekal mereka disaat melamar kerja maupun bekerja nantinya dengan mengantongi sertifikat.
“Ke depannya, lebih dititikberatkan bagi calon tenaga kerja yang ada di setiap kecamatan,” pesannya.

Sedangkan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Karimun Hazmi Yuliansyah mengatakan, Karimun sebagai kawasan industri shipyard sangat membutuhkan tenaga kerja yang ahli di bidang fitter. Melalui pelatihan yang bekerja sama dengan perusahaan Jasa K3 asal Batam, nantinya para peserta saat lolos pelatihan langsung mendapatkan sertifikasi fitter.

“Pelatihan ini selama sepekan ke depan, dengan teori tiga hari dan ujian praktek lapangan tiga hari. Instruktur dari BNSP Jakarta dan praktisi yang berkompeten di bidangnya,” tuturnya.

Diharapkan para peserta benar-benar mengikuti pelatihan ini, karena sistem seleksi cukup ketat mulai tingkat kecamatan. Dari pelatihan tersebut para tenaga kerja lokal mampu membuat dan membaca gambar dengan menggunakan komputer. Kemudian, mampu membuat perhitungan sederhana untuk kebutuhan material konstruksi kapal baja. Dan paling penting adalah, bagaimana mengguasai teknik fitter di bidang fabrikasi dan instalasi alat-alat produksi.

“Nah, keahlian fitter ini sangat dibutuhkan di dunia industri dalam proses fabrikasi seperti fitter pipa atau fitter mekanik yang harus teliti,” ungkapnya. (tri)

Update