Kamis, 25 April 2024

Dinkes Tidak Temukan Penderita Difteri

Berita Terkait

Ilustrasi imunisasi. Foto: infosehat

batampos.co.id – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Karimun belum menemukan adanya kasus bayi yang terjangkit virus corynebacterium diphtheriae yang merupakan bakteri penyebab penyakit difteri.

Hal ini tidak lepas dari himbauan dan sosialisasi yang dilakukan seluruh Puskesmas dan Puskesmas Pembantu (Pustu) kepada masyarakat yang mempunyai anak bayi usia 0 sampai 1 tahun ini untuk mengikuti program imunisasi nasional.

Alhamdulillah, sejak ada kabar bahwa ada beberapa kasus penyakit difteri yang ditemukan di Pulau Jawa, maka staf kami turun ke lapangan untuk melakukan antisipasi. Namun, sampai sekarang belum ada ditemukan bayi usia 0 sampai 1 tidak ada yang terserang penyakit difteri. Mudah-mudahan jangan sampai ada di daerah kita. Karena penyakit ini juga bisa berjangkit,” ujar Kepala Dinkes Kabupaten Karimun, Rahmadi, Rabu (6/12).

Dikatakannya, salah satu langkah pencegahan agar bayi usia 0 sampai 1 tahun terhindar dari penyakit difteri dikarenakan orang tua rutin membawa bayinya untuk imunisasi. Berdasarkan data yang dilaporkan kepada Dinkes Karimun, angka keberhasilan pekan imunisasi nasional yang merupakan salah satu program nasional untuk Kabupaten Karimun telah mencapai lebih 80 persen.

“Artinya, untuk bayi 0 sampai 1 tahun yang wajib imunisasi penyakit difteri, tetanus dan meningitis yang ada di Kabupaten Karimun, Alhamdulillah sudah diberikan vaksin semuanya. Karena orang tua yang punya bayi juga mengetahui bahaya dari penyakit ini jika terkena pada bayinya. Keberhasilan ini juga tidak lepas dari keberadaan pos pelayanan terpadu (Posyandu) yang ada di pemukiman masyarakat,” ungkap Rahmadi. (san)

Update