Selasa, 19 Maret 2024

Anambas dan Natuna Ombak Capai 4 Meter

Berita Terkait

batampos.co.id – Petugas Stasiun Meteorologi Hang Nadim Batam memperingatkan kepada masyarakat yang berada di Anambas dan Natuna, bahwa ada peningkatan kecepatan angin. Sehingga menyebabkan gelombang tinggi diperairan kedua wilayah itu.
“Kecepatan angin hingga 36 hingga 54 km/jam,” kata Kasi Datin Stasiun Meteorologi Hang Nadim Batam, Suratman, Jumat (8/12).

Ia mengatakan peningkatan gelombang di wilayah perairan Natuna dan Anambas masuk dalam kategori tinggi. Diperkirakan tingginya gelombang yakni 2,5 hingga 4 meter.
“Masuk kategori Rough Sea,” ucap Suratman.

Tingginya gelombang di dua kabupaten ini, Suratman meminta agar masyarakat yang beraktivitas di laut untuk berhati-hati. Lalu ia juga memperingatkan kapal-kapal yang melintas di wilayah itu selalu waspada. Apalagi dua daerah ini tak hanya dilalui kapal membawa penumpang atau nelayan saja. Tapi juga kapal-kapal yang digunakan untuk operasional penambangan minyak dan gas. “Tetap waspada dan siaga, kami akan selalu mengupdate informasi cuaca dan gelombang,” ungkapnya.

Berdasarkan pencitraan satelit dan perkiraan forechaster Stamet Hang Nadim Batam. Suratman mengatakan hari ini (9/12) secara keseluruhan wilayah Kepri akan dilanda hujan dengan intensitas sedang.  “Perkiraan kami dari pagi hingga siang hujan,” ujarnya.

Penyebab hujan ini, kata Suratman karena adanya pusaran angin di sebelah utara Kalimantan, yang menyebabkan terbentuk daerah belokan angin dan pertemuan angin. Kondisi ini menyebabkan banykanya massa udara yang berkumpul di wilayah Kepri, sehingga potensi pertumbuhan awan-awan cukup besar.

“Karena diprediksi hujan intensitas sedang, masyarakat diharapkan selalui berhati-hati dengan penurunan jarak pandang akibat hujan,” pungkasnya. (ska)

Update