Jumat, 29 Maret 2024

Bintan Terima Penghargaan Kabupaten Peduli HAM

Berita Terkait

Bupati bintan Apri Sujadi menerima penghargaan Kabupaten Peduli HAM yang langsung diserahkan oleh Menteri Hukum dan HAM Republik Indonesia Yasonna Laoly di Grand Ball Room Hotel The Sunan Kota Surakarta, Provinsi Jawa Tengah pada Minggu (10/12) pagi. F. Kominfo untuk Batam Pos.

batampos.co.id – Bupati Bintan Apri Sujadi menerima penghargaan Kabupaten Peduli Hak Asasi Manusia (HAM) dari Kementerian Hukum dan HAM yang diberikan langsung oleh Menteri Hukum dan HAM Republik Indonesia Yasonna Laoly di Grand Ball Room Hotel The Sunan Kota Surakarta, Provinsi Jawa Tengah pada Minggu (10/12) pagi.

Dalam kesempatan itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) hadir dan secara simbolis melakukan penyerahan penghargaan kepada sejumlah gubernur dan bupati wali kota.
Sebagaimana diketahui, sebanyak 351 dari 515 kabupaten dan kota yang telah berpartisipasi dalam pemenuhan HAM. Namun, berdasarkan Surat Keputusan HAM-UM.01.03-53, sebanyak 232 kabupaten kota yang masuk kategori peduli HAM dan 64 kabupaten kota dalam kategori cukup peduli HAM.

Kabupaten Bintan merupakan salah satu kabupaten kota penerima penghargaan peduli HAM karena lulus kriteria penilaian diantaranya hak hidup, hak mengembangkan
diri, hak atas kesejahteraan. Dan Ini merupakan kedua kali Kabupaten Bintan meraih penghargaan yang sama, setelah sebelumnya pada tahun 2016. lalu. Apri Sujadi mengatakan, dirinya merasa bangga atas diraihnya penghargaan ini karena buah dari berbagai upaya yang dilakukan bersama. Ia mengatakan, kabupaten bintan berada di daerah perbatasan, dan menjadi incaran para investor dan wisatawan, maka dari
itu, persoalan HAM harus menjadi prioritas.

“Tidak ada orang yang mau haknya diambil, siapa pun dia pasti ingin mengembangkan diri sesuai keinginannya. Selagi itu sesuai aturan yang berlaku, setiap orang punya hak yang sama,” katanya.

Ia juga menegaskan, pemerintah kabupaten bintan meletakkan perhatian yang cukup serius untuk masalah ini, sebab pemerintah tidak ingin terjadi penindasan dalam hal apapun. Ditambahkannya penghargaan yang diterima kembali ini, berkat upaya bersama dan pemerintah juga akan terus menjamin hak setiap masyarakat agar menggunakan haknya dengan baik. (cr21)

Update