Rabu, 24 April 2024

Pesona Alam dan Budaya Karimun Berbicara Lewat Foto

Berita Terkait

Pembinaan PFI Kepri Imanuel Sembayang ketika berbincang dengan Bupati Karimun H Aunur Rafiq saat melihat pameran foto PFI Kepri di Coastal Area didampingi Tommy Ketua PFI Kepri. F. Tri Haryono/Batampos.

batampos.co.id – Bupati Karimun Aunur Rafiq, Sabtu (9/12) lalu, hadir di pameran foto yang digelar Pemerintah Kabupaten Karimun bersama Pewarta Foto Indonesia (PFI) Karimun yang bertajuk Pesona Alam dan Budaya Karimun di Coastal Area.

Dalam kesempatan itu Bupati menyerahkan hadiah kepada para pemenang lomba foto.  Bupati Karimun tampak mengagumi hasil karya foto yang semuanya objek foto berada di Karimun.

“Cukup bagus-bagus fotonya, semua foto ada makna dalam menyampaikan pesan terhadap publik baik itu aktivitas masyarakat, pesona alam maupun budaya di Kabupaten Karimun,” kata Rafiq.

Dan para pemenang lomba foto nantinya, akan di cetak dalam ukuran besar serta akan dipamerkan dalam even-even kabupaten ke depannya. Dengan tema pesona alam dan budaya Karimun, para fotografer bisa memberikan kontribusi ke Daerah melalui karya foto-foto yang tidak bisa ditiru oleh orang lain.

“Yang jelas, kita minta izin dahulu terhadap hak paten foto untuk dipajang di kantor-kantor pemerintahan. Seperti foto aktivitas nelayan di Moro, sangat cocok sekali karena Moro sebagai penghasil ikan segar,” tuturnya.

Sedangkan Ketua PFI Kepri Tommy Purniawan mengatakan, PFI Kepri sudah sering menyelenggarankan pameran foto dan untuk kali pertama dilaksanakan di kabupaten Karimun. Dari hasil lomba foto yang dikirim kepada tim juru, rata-rata cukup bagus hasil fotonya dengan berbagai macam sudut pengambilan gambar (angle).

“Luar biasa, pesona alam dan budaya di Karimun tidak kalah dengan daerah lain. Terutama bagi para fotografer muda di Karimun yang cukup antusias, dalam mengikuti sesi pemotretan,” ujarnya.

Sementara Ketua panitia Riady mengungkapkan, antusias masyarakat dalam mengikuti lomba foto cukup banyak, bahkan ada yang berasal dari luar kabupaten Karimun.
“Kita ingin memperkenalkan pesona kabupaten Karimun lewat foto, sebagai daerah wisata dengan pesona alam yang tidak kalah dengan daerah lainnya,” singkatnya.

Untuk pemenang lomba foto kali ini, juara pertama diraih oleh Heppi Wasyeri dengan judul burung merpati Coastal Area, kemudian kedua Andri Suryanto pesona perpaduan indahnya pantai pongkar dan gerak silat dan ketiga Eko Perdana Putra dengan judul Bupati Karimun Aunur Rafiq berbagi suvenir kepada anggota pramuka.

Sedangkan, untuk juara harapan pertama diraih fotografer wanita Poppy Indah Wardhana dengan judul Khusus seorang pedagang sedang melaksanakan shalat magrif di coastal area. Selanjutnya, untuk posisi juara harapan kedua Radis Sagita dengan judul melestarikan budaya nikah melayu dan terakhir Tri Haryono dengan judul nelayan tradisional asal Moro saat akan melaut. (tri)

Update