Jumat, 29 Maret 2024

Bangunan Puskesmas Pembantu Jauh dari Layak

Berita Terkait

Kondisi Pustu di Desa Teluk Radang yang memprihatinkan. F. Imam Soekarno/Batam Pos.

batampos.co.id – Bangunan Puskesmas Pembantu (Pustu) di Desa Teluk Radang, Kecamatan Kundur Utara, kondisinya memprihatinkan. Selain atap bangunan rusak, plafon triflek juga banyak jebol. Mirisnya sudah berulang kali diusulkan sampai sekarang belum mendapat perhatian.

Rusaknya Pustu dibenarkan Kepala Desa Teluk Radang, Ngadino. Dikatakan sudah lama bangunan Pustu rusak parah. Awalnya ada petugas kesehatan yang melayani di Pustu, namun begitu melihat bangunan rusak, petugas tidak lagi tinggal di sana. Wargapun memaklumi kekhawatiran petugas Pustu tersebut yang takut sewaktu-waktu bangunan roboh.

“Sudah berulang kali saya mengusulkan melalui Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang), tapi sampai sekarang usulan kami tidak pernah ditanggapi. Bahkan sampai bangunan Pustu rusak parah tidak juga ada perbaikan,” terang Ngadino.

Lebih lanjut dikatakan, keberadaan Pustu selama ini sangat membantu masyarakat dalam pelayanan kesehatan. Bahkan masyarakat sendiri merasakan dengan pelayanan kesehatan dari petugas Pustu tersebut.

“Kami berharap pemerintah maupun Dinas Kesehatan mau memperhatikan keberadaan Pustu yang sekarang rusak tersebut,” imbuhnya.

Ngadino juga mengatakan hampir setiap hari warga selalu menanyakan kapan bangunan Pustu diperbaiki. Masyarakat berharap untuk mendapatkan pelayanan kesehatan dengan aman di Pustu. (ims)

Update