Jumat, 29 Maret 2024

Banyak Parpol Belum Kantongi Rekomendasi

Berita Terkait

Pilwako Pinang

batampos.co.id – Sudah kurang dari sebulan masa pendaftaran calon kepala daerah, ternyata masih banyak partai politik yang belum mengantongi rekomendasi dari pengurus pusat tentang nama-nama yang akan diusung pada Pilkada Tanjungpinang tahun depan.

Ketua DPW Partai Keadilan Sejahtera Tanjungpinang, Alfin juga membenarkan hal tersebut. Hingga kini, belum ada rekomendasi dari pengurus pusat partainya tentang nama yang akan diusung partainya. Bagi Alfin, ada alasan tersendiri di balik keputusan partainya yang hingga kini belum juga menerbitkan rekomendasi.

“Karena dinamika politiknya. Hanya ada satu partai saja yang bisa maju sendiri. Sedangkan sisanya kekuatannya terbilang merata. Makanya komunikasi politiknya sangat dinamis,” kata Alfin, kemarin.

Kondisi semacam ini, dinilai Alfin, justru membuat konstelasi pilkada di Tanjungpinang unik. Kata dia, dinamika ini justru akan mengasah kemampuan seluruh partai politik dalam menyiasati pilkada. Baik itu dalam mengasah kecerdasan dalam komunikasi, maupun kemampuan menggalang kekuatan berkoalisi.

“Nanti dilihat lagi bagaimana pertimbangannya. Chemistry masing-masing kandidat dan koalisi partai politik masih terus diintensifkan. Mungkin, last minute rekomendasi baru keluar,” ungkap Alfin.

Mitra koalisi PKS dalam Koalisi Setara, Partai Gerindra juga belum mengantongi rekomendasi dari pengurus pusat. Kendati ketua di tingkat provinsinya sudah nyaris dipastikan maju pada Pilkada Tanjungpinang, hingga kini belum ada rekomendasi yang masuk.

“Hingga kini memang masih belum keluar. Bisa minggu depan atau detik-detik terakhir,” kata Endang Abdullah, Ketua DPC Partai Gerindra Tanjungpinang.

Hanya saja, Endang ingin menegaskan, bahwa komitmen partainya sampai hari ini masih tetap akan berkoalisi dengan PKS. Endang mengklaim, komunikasi dan koordinasi dua partai ini semakin hari semakin solid saja. Karena, kata dia, fokus koalisi ini tidak serta-merta Pilkada Tanjungpinang saja. “Tapi kami bicara lebih jauh sampai Pemilu 2019 ke depan,” ungka Endang.

Kemudian, dari Partai Demokrat yang tergabung bersama Partai Golkar, PKPI, dan PPP dalam Koalisi Anak Pinang, pun belum dapat memastikan kandidat yang diusung lantaran belum ada rekomendasi yang diterbitkan pengurus pusat. “Belum ada. Insyallah dalam waktu dekat ini,” ujar Pepy Candra, Ketua DPC Partai Demokrat Tanjungpinang.

Namun di sebalik itu semua, ada kabar yang cukup mengejutkan. PDI Perjuangan sebagai satu-satunya partai politik yang bisa mengusung kandidatnya sendiri, dikabarkan sudah memutuskan pasangan yang akan diusunt. Informasi yang beredar menyebutkan, Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarno Putri telah memberikan restu kepada Lis Darmanysah dan Maya Suryanti sebagai pasangan yang akan diusung pada Pilkada Tanjungpinang.

Namun, kabar ini tidak lekas diiyakan oleh pengurus PDI Perjuangan di Tanjungpinang. “Memang, tersiar kabar seperti itu, bahwa Bu Mega sudah menerbitkan rekomendasi. Tapi, sampai hari ini, kami, di DPC, belum menerima rekomendasi tersebut secara tertulis,” ujar Wakil Ketua DPC PDI Perjuangan Tanjungpinang, Syahrial, dihubungi Batam Pos, kemarin.

Syahrial sendiri juga tidak dapat memastikan sumber informasi yang berkembang santer hari-hari ini. Namun sejauh amatannya, ia memperkirakan pengumuman pasangan yang bakal diusung PDI Perjuangan pada Pilkada Tanjungpinang akan diumumkan para gelar Rakornas Tiga Pilar yang akan diikuti seluruh kader PDI Perjuangan di Jakarta pada 15-17 Desember mendatang.

“Itu analisa saya. Karena momennya ada di situ dan disaksikan oleh semua kader elite PDI Perjuangan,” ucap Syahrial.

Jikalau memang benar bahwasanya Maya Suryanti yang terpilih mendampingi Lis Darmansyah pada Pilkada mendatang, sambung Syahrial, tentu itu menjadi pilihan yang sudah bulat dan sarat pertimbangan. Lagi pun, memang putri mantan wali kota tersebut sudah mengikuti uji kepatutan dan kelayakan di DPP PDI Perjuangan, beberapa waktu lalu.

“Ya kalau benar Bu Maya, itu bagus. Sesuai dengan hasil fit and proper test kemarin. Tapi kami di DPC baru bisa menindaklanjuti seluruh persyaratan pendaftaran jikalau memang rekomendasi sudah ada. Karena syarat itu wajib dan menjadi acuan kami dalam bekerja,” pungkas Syahrial. (aya)

Update