Selasa, 19 Maret 2024

Pak Gubernur Ngaku belum Jumpa dengan Wagub Baru

Berita Terkait

batampos.co.id – Sejak ditetapkan sebagai Wakil Gubernur Kepri pada Kamis (7/12) lalu, Isdianto sama sekali belum menjalin komunikasi dengan Gubernur Kepri, Nurdin Basirun. Baik melalui sambungan telepon maupun bertemu langsung. Namun Nurdin mengaku tak terlalu mempersoalkan hal tersebut.

“Saya baru pulang juga (dari Jakarta), sehingga belum ada bertemu dengan Pak Isdianto,” kata Nurdin saat ditemui di gedung DPRD Kepri, Tanjungpinang, Senin (11/12).

Namun Nurdin memastikan hubungannya dengan Isdianto baik-baik saja. Bahkan Nurdin mengaku hubungan baik itu sudah terjalin sejak lama.

“Sejak saya masih jadi Bupati Karimun,” kata Gubernur.

Selain belum bertemu Isdianto, hingga kemarin Nurdin juga mengaku belum menerima berkas penetapan Wagub Kepri dari DPRD Kepri. Seperti diketahui, hasil keputusan DPRD Kepri tentang penetapan Isdianto sebagai Wagub Kepri akan diserahkan ke Menteri Dalam Negeri melalui Gubernur Kepri.

Nurdin mengaku akan secepatnya memproses berkas Isdianto. Namun sayangnya, hingga kemarin ia belum menerima berkas tersebut.

“Kalau sudah ada di meja saya, tentu segera diteruskan. Karena itu adalah amanah dari keputusan DPRD,” tegasnya.

Disinggung mengenai proses pemilihan Wagub Kepri yang penuh pro dan kontra, Nurdin mengaku tidak terlalu ambil pusing. Menurut dia, dinamika yang terjadi dalam proses pemilihan tersebut merupakan bagian dari proses demokrasi.

Sehingga, Nurdin mengaku dirinya menerima hasil keputusan DPRD Kepri tersebut dengan lapang dada.
“Adanya keputusan DPRD Kepri ini membuat perasaan saya menjadi lega,” ujar Nurdin, diplomatis.

Gubernur bahkan memberikan apresiasi kepada DPRD Kepri yang sudah bekerja keras untuk merampungkan pengisian kekosongan Wagub Kepri. Ditegaskannya, kewenangan untuk melanjutkan pemilihan adalah merupakan wilayah kerja DPRD Kepri. Pada tingkat partai, ia selaku Ketua DPW Partai NasDem Kepri sudah berupaya. Tetapi keputusan final berada di tangan DPRD Kepri untuk memilih.

Wali Kota Batam, Muhammad Rudi (kiri) menerima DIPA dari pusat yang diserahkan Gubernur Kepri, Nurdin Basirun. f: humas pemko batam.

Sementara saat ditanya soal ketidakhadirannya dalam pemilihan Wagub Kepri di DPRD Kepri pada Kamis (7/12) lalu, Nurdin beralasan karena ada pekerjaan yang tidak bisa ditinggal. Sehari sebelum pemilihan atau Rabu (6/12), Nurdin harus menghadiri acara pembagian Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) 2018 di Istana Bogor.

Sementara pada hari Kamis (7/12), ia harus mengikuti rapat pembahasan Rencana Undang-Undang Provinsi Daerah Kepulauan bersama Dewan Perwakilan Daerah (DPD) dan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) di Senayan, Jakarta.

“Kalau tidak ada hal yang mendesak, tentu saya hadir. Karena DPRD sudah mengeluarkan undangan resmi,” ujar Gubernur.

Terpisah, Ketua Panitia Pemilihan (Panlih) Wagub Kepri Hotman Hutapea mengaku belum mendapat laporan dari Sekretariat Dewan. Apakah berkas Isdianto sudah diteruskan ke Gubernur atau belum. Menurut politikus Partai Demokrat tersebut, berkas sudah lengkap dan tinggal diserahkan ke Gubernur.

“Tak perlu dikumpulkan lagi tandatangan Pansus dan Panlih. Karena sudah ada berita acara pada waktu sidang,” ujar Hotman, kemarin. (jpg)

Update