Gubernur Kepri Nurdin Basirun saat memimpin rapat mingguan OPD di Rupatama Lt. 4 kantor Gubernur, Istana Kota Piring, Dompak, Tanjungpinang, Senin (11/12). F. Humas Pemprov Kepri untuk Batam Pos.

batampos.co.id – Gubernur Kepri Nurdin Basirun menegaskan agar seluruh OPD tetap fokus pada tujuan yang ingin dicapai di sisa tahun anggaran ini. Tugas, tanggung jawab dan hasil yang sesuai rencana harus dicapai untuk kemaslahatan masyarakat.

“Tentu dengan akan berakhirnya 2017 kita harus terus menggesa tugas kita, terus tekankan semangat dalam bekerja dan fokus kepada tujuan yang ingin dicapai,” ujar Nurdin saat memimpin rapat mingguan OPD di Rupatama Lt. 4 kantor Gubernur, Istana Kota Piring, Dompak, Tanjungpinang, Senin (11/12).

Dengan waktu yang tersisa tak lebih dari dua pekan, Nurdin mengevaluasi target-target pekerjaan sesuai anggaran tahun 2017. Karena itu, dalam beberapa pekan terakhir pun, Nurdin berkali-kali melakukan inspeksi ke sejumlah kegiatan pembangunan.

Rapat mingguan dikatakan Nurdin sangat baik jika konsisten dilakukan. Tujuannya untuk menggali berbagai saran juga permasalahan yang ada di lingkup Pemerintahan Kepri, juga menjadi contoh yang baik untuk instansi lain dalam menjalankan roda pemerintahannya.

Sementara itu, Sekdaprov Kepri H. TS. Arif Fadillah menghimbau agar menggesa pekerjaan yang ada dengan target kerja yang harus ditentukan agar tidak terjadi tumpang tindih kegiatan. “Intinya adalah agar seluruh OPD dapat terus berkoordinasi dalam bekerja agar tidak terhentinya pekerjaan yang membuat target terlewat, hal itu tentu dapat membuat persepsi masyarakat menjadi tidak baik,” ujar Arif.

Dalam pada itu, Kepala Barenlitbang Naharuddin mengatakan bahwa target pekerjaan 2018 sudah matang dengan telah disahkannya APBD pada akhir November lalu.
“Sebuah lecutan semangat bagi kita agar ke depan lebih baik dan cepat lagi, dengan telah selesainya APBD 2018 tentu saat ini fokus kita adalah menyelesaikan pekerjaan di tahun 2017 ini. Ke depan target kita awal November 2018 kita dapat mengesahkan APBD 2019,” ujar Nahar.

Rapat sendiri berisikan paparan yang mendeskripsikan pencapaian dari realisasi anggaran maupun fisik per Desember 2017 yang disampikan langsung oleh Kabiro Pembangunan Aries Fhariandi. Hingga tanggal 4 Desember 2017 realisasi anggaran dan realisasi fisik sudah mencapai target. “Tinggal bagaimana kita dapat memanfaatkan waktu yang tinggal 13 hari kerja lagi di Tahun 2017 untuk menyelesaikan berbagai program kegiatan yang belum kita selesaikan,” ujar Aries. (bni)