Selasa, 19 Maret 2024

Temani Gas Melon, Pertamina Luncurkan Bright Gas “Buah Naga”, 3 Kg

Berita Terkait

batampos.co.id – PT Pertamina (Persero) berencana meluncurkan produk Bright Gas varian baru yakni dengan volume 3 kilogram atau sama dengan gas melon pada Triwulan I-2018.

Keberadaan gas buah naga 3 kg itu nantinya bukan untuk menggantikan gas melon, melainkan sebagai alternatif bagi masyarakat.

“Jadi jangan sampai ini mau mengganti elpiji subsidi. Ini bukan buat ganti. Untuk Bright Gas 3 kg ini alternatif. Biar lebih mudah. Maret kita mulai (jual),” ujar Direktur Pemasaran Pertamina Muchamad Iskandar di Jakarta, Jumat (8/12).

Dia menegaskan keputusan untuk menjual produk gas buah naga 3 kg juga didasari karena sulitnya masyarakat untuk beralih menggunakan gas nonsubsidi. Sehingga, keberadaan gas buah naga 3 kg itu bisa menjadi solusi dari keengganan masyarakat untuk beralih dari gas melon.

“Kalau ganti 5,5 kg kan (masyarakat) susah. Jadi kalau 3 kg. Kita bisa trade in langsung. Skenarionya begitu,” jelasnya.

Sementara, untuk harganya, Bright Gas ukuran 3 kg akan disesuaikan dengan harga yang tidak disubsidi. Jika dihitung, maka harga gas buah naga 3 kg diperkirakan sebesar Rp 33.000 per tabung. Hitungan itu diperoleh berdasarkan perbandingan harga jual gas saat ini.

Untuk gas yang disubsidi dihargai Rp 5.000 per kg, sementara untuk nonsubsidi setiap kilogram gasnya dihargai sebesar Rp 11.000 per kg.

Di samping itu, lanjut Iskandar, pihaknya berencana akan membuat promosi. Diharapkan, promosi itu akan membuat konsumen berbondong-bondong mengganti gas melon dengan gas pink yang memiliki kapasitas sama.

“Insentifnya pasti ada. Promo hadiah pasti ada. Itu strategi marketing betul. Bukan kita seperti penugasan. Jadi itu insentifnya berupa promosi,” pungkasnya. (ce1/hap/JPC)

Update