Kamis, 28 Maret 2024

Kampung KB Tingkatkan Kualitas Hidup Manusia

Berita Terkait

Foto bersama Wakil Bupati Karimun Anwar Hasyim saat meresmikan Kampung KB kel Teluk uma Kec Tebing. F. Humas Pemkab Karimun.

batampos.co.id – Wakil Bupati Karimun Anwar Hasyim meresmikan Kampung Keluarga Berencana (KB) di Kelurahan Teluk Uma Kecamatan Tebing, Rabu (13/12). Ia mengatakan, adanya kampung KB di Kecamatan Tebing bisa meningkatkan kualitas hidup manusia, serta dapat mengendalikan laju penduduk.

Selain itu juga ada kepedulian semua pihak terhadap kesehatan dan pendidikan di keluarga. Terutama terhadap anak-anak yang menjadi sebagai generasi penerus bangsa dalam pendidikan dan kesehatan. “Jadi ibu-ibu dan bapak-bapak bisa memanfaatkan keberadaan Kampung KB ini agar bisa meningkatkan kesejahteraan keluarga agar generasi penerus benar-benar berkualitas nantinya,” tuturnya.

Dengan demikian, program Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Kabupaten Karimun bisa sejalan dengan masyarakat menghadapi masalah kependudukan yang mempunyai implikasi yang luas terhadap perubahan sosial di segala bidang. Di antaranya pendidikan, kesehatan, tenaga kerja, sandang, pangan dan papan yang dapat berpengaruh dalam proses pembangunan kabupaten maupun nasional.

“Keberadaan Kampung KB di setiap kelurahan maupun desa yang ada di kecamatan, sangat berpengaruh terhadap semua sektor kehidupan, saling berkaitan. Nah, bagaimana kita semua bisa bersinergi dalam menyukseskan kampung KB,” pesannya.

Sementara itu Kepala Dinas Pengendalian Pendudukan Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Disdalduk, KB, PP dan PA) Karimun Faisal mengatakan, dalam rangka menyukseskan agenda prioritas pembanganan (nawacita) terutama pada agenda prioritas kelima yaitu meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia melalui pembangunan kependudukan dan KB. Dimana dalam realisasinya harus dilakukan pembentukan Kampung KB di seluruh kabupaten/kota.

“Dalam hal ini peranan Pemerintah sebagai fasilitator, regulator dan motivator dalam dukungan dan komitmen yang kuat dari semua tingkatan mulai kabupaten, kecamatan, kelurahan dan desa. Untuk menyukseskan program Kampung KB, seluruh elemen masyarakat harus berperan sesuai fungsinya,” kata Faisal didampingi Kepala Bidang KB, Ketahanan dan Kesejahteraan Keluarga Nurcahyani Setyaningsih.

Setiap Kampung KB harus memberikan layanan KB gratis, gelanggang dagang Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS), kelompok Bina Keluarga Balita (BKB), kelompok Bina Keluarga Lansia (BKL), dan kelompok Bina Keluarga Remaja (BKR). Sehingga pertumbuhan penduduk dapat dikendalikan melalui keluarga kecil yang bahagia dan sejahtera. Melalui pendewasaan usia perkawinan, pengaturan kelahiran, pembinaan ketahanan dan keluarga sejahtera.

Insya Allah, tahun ini pencanangan Kampung KB di 12 kecamatan akan terbentuk semuanya. Artinya, setiap kecamatan ada satu kampung KB yang berada di kelurahan atau desa,” ungkapnya. (tri)

Update