Jumat, 29 Maret 2024

Lurah dan Camat Harus Turun ke Lapangan

Berita Terkait

Bupati Bintan Apri Sujadi dan Deby Apri Sujadi memberikan santunan kepada ratusan kaum lansia di kegiatan sehari bersama lansia di Gedung Community center Kecamatan Teluk Sebong, pada Kamis (14/12). F. Slamet/Batam Pos.

batampos.co.id – Bupati Bintan Apri Sujadi meminta kepala desa, lurah hingga camat peka terhadap berbagai keluhan masyarakat. Sehingga warga yang berada di wilayahnya terbantu dan terlayani dengan baik.

“Harus terjun langsung membantu masyarakat dan memastikan kondisi di lapangan. Misalnya membantu masyarakat terkait pembuatan sertifikat kepemilikan tanah,” ujar Apri, Kamis (14/12).

Bila ada jalan atau jembatan yang rusak atau kebutuhan masyarakat yang belum terpenuhi, kepala desa, camat, dan lurah dimintanya untuk melakukan pendataan. Diajukan melalui Anggaran Dana Desa (ADD) maupun Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Bintan.

Kepala Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah (BP2RD) Kabupaten Bintan Yuzed mengatakan, tahun ini target sertifikat melalui program nasional (Prona) sebanyak 12 ribu bidang lahan, namun belum seluruhnya terealisasi. “Tahun depan targetnya menjadi 14 ribu,” ungkap Ketua PGRI Kabupaten Bintan ini.

Minimnya realisasi pembuatan sertifikat kepemilikan lahan melalui prona pada tahun 2017, menurutnya karena banyaknya luas lahan yang dimiliki masyarakat di Bintan lebihi dari 3 ribu meter persegi. Selain hal itu, status lahan dalam kawasan hutan lindung membuat program ini sulit direalisasikan. “Banyaknya luas lahan yang dimiliki masyarakat lebih dari 3.000 meter persegi, solusinya suratnya harus dipecah dulu,” ujarnya. (cr21)

Update