Rabu, 24 April 2024

Pemohon Paspor di Batu Ampar dan Sekitarnya, Silakan Urus di Harbourbay

Berita Terkait

Direktur Lalulintas keimigrasian Kementrian Hukum dan Ham (empat dari kanan) bersama Kakanwil Kementrian Hukum dan Ham wilayah Kepri dan Kepala Imigrasi Batam Lucky Agung (kiri) meresmikan Kantor Unit Layanan Paspor Imigrasi Kelas 1 Batam di Harbourbay Jodoh, Kamis (14/12). F Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos.co.id – Direktur Lalulintaskim Dirjen Imigrasi Kemenkumham Ucup Koeswala meresmikan Unit Layanan Paspor Harbourbay, Kamis (14/12). Dan direncanakan hari ini (15/12) sudah beroperasi untuk melayani masyarakat.

“ULP bentuk dari rencana strategis Dirjen Imigrasi. Tiap tahunnya kami bangun 5 ULP,” kata Ucup Koeswala, Kamis (14/12).

Ucup menerangkan ULP merupakan bentuk dari Dirjen Imigrasi menghadapi arus zaman. Dulunya pelayanan paspor cukup hanya di Kantor Imigrasi saja. Tapi kian hari, antusiasme masyarakat untuk ke luar negeri makin tinggi. Sehingga kantor imigrasi tak lagi dapat menampung jumlah pemohon.

“Dan munculah ULP, sekarang ini sudah ada 17 ULP,” ujarnya.

Dengan adanya ULP Harbourbay ini, Ucup mengatakan masyarakat tak perlu jauh-jauh menuju Kantor Imigrasi yang berada di Batamcenter. Selain itu diharapkan unit ini dapat mengurai penumpukan permohonan paspor di Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Batam.

“Ke depan kami akan terus mengembangkan pelayanan di Kantor Imigrasi dan ULP,” ucapnya.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Batam Lucky Agung Binarto mengatakan kapasitas awal pemohon paspor dari 25 hingga 50 orang dalam seharinya. Hal ini disebabkan dari empat stand yang tersedia, baru dua yang bisa dioperasikan. Karena kurangnya personel untuk mengoperasikan seluruh stand itu.

“ULP Harbourbay bisa untuk buat paspor baru dan perpanjangan juga. Namun elektronik paspor belum bisa, harus tetap ke Batamcenter,” ujarnya.

Ia mengatakan saat hari biasa saja, jumlah pemohon paspor melebihi 300 orang dalam seharinya. Sedangkan daya tampung di Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Batam, hanya 275 orang saja.

“Belum lagi saat ibadah haji, umrah atau musim liburan. Pemohonan paspor menjadi meningkat,” tuturnya.

Lucky menuturkan ULP Harbourbay dapat meangkomodir masyarakat sekitar Batuampar dalam pembuatan paspor.

“Antrian Via WA, Mobile Unit, Pengantaran Paspor Via Pos. Ke depan banyak lagi kebijakan-kebijakan yang membuat masyarakat nyaman kami keluarkan,” ucapnya. (ska)

Update