Kamis, 28 Maret 2024

BP Batam Akan Bentuk Biro Pariwisata

Berita Terkait

batampos.co.id – Setelah menyusun tiga agenda pariwisata dalam waktu yang cukup singkat, Badan Pengusahaan (BP) Batam akan melakukan reorganisasi. Target mereka adalah membentuk biro pariwisata yang bertugas menyusun kalender event pariwisata dan merumuskannya bersama dengan pemerintah kota (Pemko) Batam dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepri.

“Untuk biro pariwisata, tentu akan perlu reorganisasi. Prosesnya harus ada ke Dewan Kawasan (DK), lalu ke Kementerian Keuangan (Kemenkeu) dan juga Kemenpan-RB,” ungkap Kepala BP Batam, Lukita Dinarsyah Tuwo, Jumat (15/12) di Gedung BP Batam.

Prosesnya akan cukup panjang dan kelihatannya belum akan terealisasi pada tahun depan. Namun Menpan-RB, Asman Abnur sudah menyetujui niat BP Batam ini.

“Karena tak bisa masuk anggaran tahun depan, Januari 2018 sudah tinggal dua minggu lagi. Kami masih harus sampaikan proposal ke mereka,” jelasnya.

Tapi Lukita meyakinkan kepada masyarakat bahwa pihaknya sudah siap untuk mengembangkan pariwisata di Batam. Salah satu agenda yang akan segera dinikmati masyarakat adalah BP Batam International Culture Carnival 2017 yang akan digelar di Nagoya, hari ini (16/12) sejak pukul 12.00 WIB.

“Agenda ini dalam rangka merayakan hari jadi kota Batam ke-188 dan supaya menarik animo wisatawan ke Batam,” jelasnya lagi.

Sebelum itu, BP Batam juga telah mengundang sejumlah investor yang sudah ada di Batam dan juga investor yang berminat untuk mengembangkan bandara dan pelabuhan.

“Kami juga undang ivnestor supaya nyaman ke Batam. Dahulu potensi pariwisata belum dimaksimalkan, tapi sekarang gerak dinamika ekonomi sudah mulai dan saya harap bisa maju dan semakin maju,” ungkapnya.

Dengan rangkaian kegiatan pariwisata yang digelar oleh BP Batam ini, Lukita berharap manfaatnya dapat dinikmati bukan hanya segelintir orang saja tapi juga oleh masyarakat.

“Taksi, souvenir, cenderamata pasti akan menikmatinya,” tegasnya.

Hal yang sudah pasti dari festival budaya ini akan menjadi agenda tahunan. Bahkan BP Batam sudah sudah merumuskan agenda pariwisata setiap bulannya.

“Belum lagi dari Pemko dan Pemprov. Kami berencana akan bertemu untuk susun agenda bersama,” pungkasnya.(leo)

Update