Kamis, 28 Maret 2024

Penerbitan Dokumen Kependudukan Gratis

Berita Terkait

Warga saat mengurus administrasi di Disduk Karimun. F. Tri Haryono/Batam Pos.

batampos.co.id – DPRD Karimun mengesahkan Peraturan Daerah (Perda) tentang penyelenggaraan administasi kependudukan beberapa waktu lalu.

“Dengan Perda ini kami sudah bisa menyelenggarakan administrasi kependudukan dengan perlindungan hukum yang sah,” jelas Kepala Dinas Kependudukan Capil Karimun M Tahar, kemarin (15/12).

Penerbitan dokumen dan data kependudukan melalui pendaftaran penduduk, pencatatan sipil, pengelolaan informasi administrasi kependudukan sangat berpengaruh terhadap pembangunan sektor lainnya. Terutama dalam penerbitan dokumen kependudukan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dengan waktu maksimal lima hari.

Kemudian e-KTP yang berlaku seumur hidup, penerbitan akta pencatatan sipil menganut azas domisili, dan kewenangan pelaksanaan inovasi pelayanan. Seluruh biaya penerbitan dokumen kependudukan diberikan secara gratis alias tidak ada pungutan.

“Di dalam Perda tersebut sudah tertuang semuanya. Kami ingin memberikan pelayanan administrasi kependudukan yang terintegrasi dengan Pusat. Supaya jumlah penduduk di daerah benar-benar akurat datanya, baik itu yang lahir maupun yang sudah meninggal dunia,” tuturnya.

Sehingga masyarakat nantinya tidak perlu membutuhkan dokumen-dokumen banyak. Dokumen warga tersimpan di Disdukcapil Karimun, terintegrasi dengan pusat.
“Paling penting e-KTP yang sudah berlaku secara nasional. Terutama bagi masyarakat yang sering keluar kota, di saat mau naik pesawat tidak bisa lagi diwakilkan. Harus memperlihatkan e-KTP sebagai identitas calon penumpang,” katanya.

Sementara Ketua Fraksi PDIP Plus DPRD Karimun Rasno ketika dimintai tanggapannya mengungkapkan, sesuai dengan dinamika perkembangan masyarakat dan revolusi teknologi, maka dalam pelayanan publik, terutama administrasi identitas warga, harus lebih cepat.

“Intinya kami berikan kepastian hukum bagi instansi yang mengeluarkan data kependudukan. Dan untuk mempersiapkan kemajuan zaman ke depan, mengingat wilayah kita berbatasan langsung dengan kedua negara tetangga,” katanya. (tri)

Update