Kamis, 25 April 2024

Puluhan Kapal Dibagikan ke Nelayan, Apri: Jangan Dijual

Berita Terkait

 BUPATI Bintan Apri Sujadi menyerahkan kapal bantuan kepada nelayan di Desa Dendun, Kecamatan Mantang , Bintan, Jumat (15/12). F. Slamet/Batam Pos.

batampos.co.id – Bupati Bintan Apri Sujadi memberikan 68 kapal motor dan alat tangkap ikan kepada nelayan se Kabupaten Bintan. Bantuan diberikan secara simbolis kepada perwakilan Nelayan di Desa Dendun Kecamatan Mantang, Bintan, Jumat (15/12) sekitar pukul 14.00 siang.

Pada saat penyerahan bantuan kapal itu, bupati juga memberikan 320 paket sembako dan 3.215 asuransi nelayan. Bantuan tersesebut berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2017 Rp 1,8 miliar. “Sebanyak 40 unit kapal motor fiber gross tonnage (gt1) berasal dari dana DAK,” ungkapnya.

Sisanya, sekitar 28 unit kapal motor dan alat tangkap ikan dibeli dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Bintan sebesar Rp 5 miliar. Apri berharap, bantuan kapal tersebut bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan ekonomi para nelayan.

Karena tidak sedikit bantuan kapal dari pemerintah malah dijual nelayan. “Ya sudah diterima, tak lama dijual,” katanya.

Karenanya, ia meminta masyarakat melaporkan jika nelayan yang menjual kapal bantuan. “Akan saya blacklist dan coba dituntut. Makanya, kami mohon jangan sampai dijual,” katanya.

Apri juga meminta Dinas Kelautan Kabupaten Bintan dan Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kabupaten Bintan menyeleksi penerima bantuan. Sehingga bantuan yang diberikan tidak salah sasaran. “Jangan sampai bantuan tidak tepat sasaran. karena itu, saya minta pendataan dan pengawasan harus benar benar dijalankan,” tegasnya.

Kepala Dinas Kelautan Kabupaten Bintan, Fachrimsyah mengatakan, selain membantu puluhan kapal dan alat tangkap ikan. Pemerintah juga mengalokasikan anggaran untuk kelong apung. “Kita juga menyerahkan bantuan klaim asuransi nelayan,” katanya. (cr21)

Update