Sabtu, 20 April 2024

SMAN 19 Mulai Tempati Gedung Baru

Berita Terkait

Siswa dan siswi SMA 19 Sagulung sudah menempati gedung baru sekolah yang berada di Tunas Regency, Sagulung, Jumat (15/12). F. Dalil Harahap/Batam Pos

batampos.co.id – SMAN 19 Batam yang semula numpang belajar di gedung sekolah lain kini sudah bisa menempati gedung sendiri. Gedung SMAN 19 yang dibangun pemerintah Provinsi di belakang Tunas Regency, kelurahan Seibinti, Sagulung sudah rampung. Tiga hari belakangan perlengkapan SMAN 19 yang semula berada gedung SDN 21 sudah dipindahkan secara berlahan-lahan.

Proses belajar mengajar di gedung sekolah baru itu rencananya akan dimulai awal tahun nanti. “Sudah tiga hari ini kami di sini, tapi masih beresin barang-barang sekolah. Besok (Sabtu,16/12) sudah pembagian rapor, habis tuh langsung libur, jadi belajar di sini baru bisa dimulai awal tahun,” ujar, seorang guru wanita yang tak mau namanya disebutkan, Jumat (15/12).

Pantauan di lapangan, sepanjang hari kemarin, siswa dan guru di sekolah tersebut terlihat sibuk merapikan lingkungan sekolah. Mulai dari penataan ruangan perpustakaan, ruangan belajar sampai pada penempatan poster dan papan informasi ke dinding-dinding sekolah.

Sesuai dengan rancangan pembangunan awal, gedung sekolah baru itu terdapat delapan ruangan belajar untuk siswa serta ruangan kepala sekolah, guru dan perpustakaan. Ada dua gedung sekolah yang berbentuk huruf L. Masing-masing gedung dirancang untuk bangunan berlantai dua namun untuk tahap awal baru jadi satu lantai saja.

Delapan lokal yang ada diakui pihak sekolah sudah cukup untuk mengakomodir kegiatan belajar siswa di sekolah yang sudah memasuki tahun ajaran keempat itu. “Cukuplah untuk saat ini,” kata guru wanita itu lagi.

Kepala Sekolah SMAN 19, Nelly Chandrawati saat dikonfirmasi hanya membenarkan jika mereka sudah menempati gedung sekolah baru itu. Dia enggan berkomentar lebih jauh lagi dengan alasan sedang sibuk.

“Maaf kami lagi sibuk. Nanti saja ya. Kami masih beres-beresin ini semua,” ujar Nelly, saat dijumpai di sekolah tersebut, kemarin.

Siswa dan siswi SMA 19 Sagulung sudah menempati gedung baru sekolah yang berada di Tunas Regency, Sagulung, Jumat (15/12). F. Dalil Harahap/Batam Pos

Penempatan gedung sekolah baru itu disambut baik oleh siswa SMAN 19. Mereka merasa legah sebab keinginan mereka akan gedung sekolah tersendiri dengan fasilitas yang memadai akhirnya terjawab. “Bagaimana tak senang, tiga tahun belajar numpang tak punya perpustakaan, laboratorium. Sekarang mulai terjawab dan saya pribadi sangat senang,” ujar Eko, seorang siswa.

Seperti diketahui, SMAN 19 yang berdiri sejak tahun 2014 lalu itu selama ini numpang belajar di gedung sekolah lain. Dua tahun pertama mereka numpang belajar di gedung SMPN 38, Tanjunguncang, selanjutnya numpang di gedung SDN 21, Sagulung. Bahkan siswa angkatan pertama tamat tanpa menikmati gedung sekolah tersendiri.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kepri Arifin Nasir sebelumnya mengakui, pembangunan gedung SMAN 19 itu memang dikebut dalam jangka waktu enam bulan saja. Itu bertujuan untuk segera mengakhiri masa numpang belajar siswa SMAN 19. “Awal tahun harus pakai gedung sendiri mereka, makanya pembangunan (gedung SMAN 19) kami kebut,” ujar Arifin.

Pembangunan gedung sekolah baru itu diakui Arifin dilakukan secara bertahap. Untuk tahap awal pihaknya bangun delapan lokal dulu untuk mengakomodir seluruh siswa SMAN 19 yang sudah ada.

“Pembangunan disesuaikan dengan kebutuhan dulu. Nanti kalau kurang akan ditambah lagi (lokal),” ujar Arifin.

Selain gedung SMAN 19, secara tahun ini Pemprov juga membangun empat gedung sekolah baru lainnya di kota Batam. Empat sekolah itu adalah SMKN 8 Farmasi di Sagulung, SMAN 18, 21 dan 22.

“Semuanya ditargetkan rampung akhir tahun. Awal tahun sudah bisa ditempati,” tutur Arifin. (eja)

Update