Sabtu, 20 April 2024

Menyaksikan Pasukan Raider 136 TS Menyergap Teroris

Berita Terkait

Anggota Raider 136 melakukan penyelamatan kepala daerah yang disekap teroris saat latihan di Engkuputri Batamcentre, Sabtu (16/12). F. Dalil Harahap/Batam Pos

batampos.co.id – Ratusan prajurit dari Batalion Infanteri Raider Khusus 136/Tuah Sakti menggelar latihan penyelamatan sandera dari sekapan teroris di lapangan Engku Putri Batam Centre, Sabtu (16/12) pagi.

Latihan tersebut merupakan puncak kegiatan pembinaan di jajaran Prajurit Raider 136 Tuah Sakti di bawah Komando Resor Militer (Korem 033) Wira Pratama (WP) Kepri di tahun ini.

Menurut Komandan Korem 033 Wira Pratama, Kolonel Gabriel Lema, semua jajaran Korem 033 WP, khususnya batalion Raider 136 Tuah Sakti dilibatkan dalam latihan penyelamatan sandera dari para teroris.

“Pasukan Raider 136 Tuah Sakti (TS) ini adalah satuan tempur yang berada di bawah jajaran Korem 033 WP yang memiliki kemampuan khusus untuk penyelamatan sandera dari tangan teroris, sekaligus kemampuan untuk pengendalian keamanan,” ujar Danrem 033 WP, Kolonel Gabriel.

Latihan penyelamatan sandera dari tangan teroris ini, lanjut Kolonel Gabriel, bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kesiapan dan kemampuan prajurit Raider 136 TS dalam hal mengantisipasi hal yang tak diinginkan secara mendadak.

“Sekaligus untuk memantapkan dan meningkatkan kemampuan prajurit Raider 136 TS. Intinya latihan ini untuk meyakinkan ke masyarakat bahwa TNI siap kapan pun dan dimanapun juga untuk melindungi masyarakat dan memberikan rasa aman di tengah masyarakat,” terang Kolonel Gabriel.

Apalagi, lanjut Danrem, wilayah Kepri ini merupakan wilayah terluar yang berbatasan langsung dengan negara tetangga, serta memiliki pulau-pulau yang jumlahnya sangat banyak. Hal tersebut mengharuskan TNI dituntut selalu siap sedia dan siaga untuk selalu menjaga kedaulatan NKRI dari ancaman yang datangnya baik dari dalam maupun dari luar.

Anggota Raider 136 melakukan penyelamatan kepala daerah menggunakan helikopter yang disekap teroris saat latihan di Engkuputri Batamcentre, Sabtu (16/12). F. Dalil Harahap/Batam Pos

Skenario latihan yang digelar kali ini adalah Wali Kota Batam saat itu disandera oleh beberapa orang teroris bersenjata lengkap. Mengetahui hal tersebut, prajurit TNI dari Raider 136 turun dengan persenjataan lengkap didukung beberapa peralatan tempur pendukung seperti mobil operasional militer serta beberapa sepeda motor dan satu helikopter tempur untuk pembebasan sandera.

“Dengan strategi penyergapan yang matang, pasukan Raider 136 menerobos masuk ke gedung Pemko Batam secara senyap dan terkoordinasi. Setelah target dan sasaran didapat, para teroris ini dilumpuhkan. Sementara sandera diamankan langsung atau di evakuasi ke tempat yang aman,” terang Danrem. (gas)

.

Update