Jumat, 29 Maret 2024

Tingkatkan Pengawasan, BP Batam bakal Pasang CCTV Canggih di Bandara dan Pelabuhan

Berita Terkait

batampos.co.id – Batam menjadi tempat transit narkoba dari Malaysia, Akhir-akhir ini penyelundupan narkoba dilakukan secara masif oleh beberapa kurir, namun berhasil ditegah oleh otoritas petugas di Bandara International Hang Nadim.

Deputi V Bidang Pelayanan Umum Bambang Purwanto mengaku akan memperketat pengawasan. Salah satunya dengan memasang kamera CCTV berkualitas canggih di bandara dan pelabuhan. Hal ini bertujuan untuk mengantisipasi penyeludupan narkoba.

“Kami sudah mendengar dan mengetahui 4 kali penangkapan narkoba di Bandara,” ujarnya.

Ia mengaku akan segera berkordinasi dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) provinsi dan Polda Kepri. Pengadaan CCTV ini nantinya bakal dipasang di titik pintu masuk Batam seperti Bandara Hang Nadim, Pelabuhan Batamcentre dan Sekupang.

“Itu akan kita ajukan ke BNN atau Polda. Kalau tidak ada, kami akan ajukan ke Pusat,” kata Bambang.

Diakui dia, alat canggih CCTV tersebut sangat penting diadakan di daerah perbatasan dengan negara tetangga. Sehingga bisa mendeteksi secara dini seluruh barang yang dikenakan manusia, dalam mengantisifasi masuk narkoba ke Indonesia.

“Narkoba menjadi musuh secara nasional. Kami akan perketat itu dengan berkomunikasi dengan Polda dan BBN,” jelasnya. (rng)

Update