Jumat, 29 Maret 2024

Zakat Memberdayakan Ekonomi Masyarakat

Berita Terkait

Gubernur Kepri Nurdin Basirun bersalaman dengan warga saat penyerahan zakat di Kecamatan Moro, Minggu (17/12). F. Humas Pemprov Kepri untuk Batam Pos.

batampos.co.id – Gubernur Kepri Nurdin Basirun mengatakan, dana zakat dapat digunakan dalam banyak hal yang bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan. Selain penyaluran yang tepat sasaran, kesadaran masyarakat terhadap kewajibannya menyalurkan zakat yang digunakan bagi yang berhak juga menjadi poin penting yang harus terus diingatkan.

“Dana itu tak hanya terkait meningkatkan ekonomi masyarakat namun selayaknya dapat dimanfaatkan baik di bidang sosial, pendidikan, agama juga olahraga,” ujar Nurdin saat menyerahkan dana zakat bidang ekonomi produktif Baznas Provinsi Kepri kepada 77 KK Dhuafa di Gedung PKK, Kecamatan Moro, Karimun, Ahad (17/12) petang.

Menurut Nurdin, Pemerintah bersama Instansi terkait terus mengingatkan dan wajib membina terkait penyaluran zakat ini. Kebersamaan dan komitmen memberdayakan masyarakat diharapkan dapat terus melancarkan proses berzakat ini.

Tak lupa Nurdin berpesan kepada masyarakat yang menerima dana zakat agar digunakan dengan sebaik dan semaksimal mungkin. Jangan sampai digunakan untuk hal yang tidak bermanfaat.

“Kami juga akan terus cek berkala apakah dana ini dapat bergulir sesuai kebutuhan atau tidak, tentu ke depan kita akan terus salurkan dengan merata di daerah lainnya di Kepri,” tutup Nurdin.

Dalam laporannya Ketua UPZ Baznas Kecamatan Moro H. Hanan mengatakan bahwa pihak UPZ Moro terus menjalankan tugas dari Baznas, terdata selama Tahun 2017 ini untuk Kecamatan Moro sendiri telah terkumpul dana zakat sebesar Rp100 Juta lebih.

“Kami sampaikan terima kasih kepada Baznas Provinsi Kepri yang hari ini akan menyalurkan Dana Zakat bidang ekonomi produktif kepada 77 KK di Moro, semoga selalu mendapat keberkahan dari Allah SWT dan dapat dimanfaatkan baik oleh masyarakat Kecamatan Moro,” ujar Hanan.

Sementara itu Ketua Baznas Provinsi Kepri H Mustamin Husain mengatakan bahwa pihak Baznas Provinsi Kepri terus berusaha mengejar target dalam mengumpulkan Zakat.

“Amanah yang kami dapat dari para muzzaki yang menyalurkan dananya. Tahun ini yang kami targetkan sebesar Rp2,6 miliar. Alhamdulillah per Desember ini sudah tercapai, untuk total 7 Kabupaten/Kota sendiri pun sudah tercapai target sebesar Rp17 Milyar,” ujar Mustamin.

Mustamin melanjutkan juga bahwa pada penyaluran zakat hari ini dirincikan sebesar Rp157 Juta untuk bidang Ekonomi, sebesar Rp2 Juta untuk dana pendidikan dan Rp16 Juta untuk dana sosial.

Hadir pada kesempatan tersebut Sekretaris Daerah Provinsi Kepri H. TS. Arif Fadillah, Ketua Baznas Karimun H. Atan beserta sejumlah masyarakat Kecamatan Moro. (bni)

Update