Jumat, 29 Maret 2024

Arus Mudik Natal Diprediksi Naik

Berita Terkait

Para calon penumpang yang akan berangkat ke berbagai tujuan jelang Natal dan Tahun Baru di Pelabuhan Tanjungbalai Karimun. F. Tri Haryono/Batam Pos.

batampos.co.id – Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Tanjungbalai Karimun, memprediksi arus mudik Natal dan Tahun Baru mengalami kenaikan hingga tiga persen dibandingkan tahun lalu. Hal ini disampaikan Kepala Seksi Penjagaan dan Penyelamatan (Kasigamat) KSOP Kelas II Tanjungbalai Karimun Syahrinaldi.

“Sebelumnya, kita sudah melakukan apel gabungan dengan stakeholder terkait dalam persiapan arus mudik Natal dan Tahun Baru. Dan sambutan Dirjen Hubla RI diprediksi dua persen kenaikan, tapi kita prediksi tiga persen yang sekarang sudah mulai terasa terjadi kenaikkan penumpang,” jelas Syahrinaldi, Rabu (20/12).

Untuk melayani penumpang, kata Syahrinaldi, pihaknya pun melakukan pengecekan terhadap kapal-kapal feri, dan alat keselamatan penumpang. Tujuannya, agar keberangkatan dapat berjalan lancar, dan amal ke berbagai tujuan di liburan panjang akhir tahun ini.

Untuk arus puncaknya akan terjadi Sabtu seiring masuknya libur panjang. Di mana, rata-rata kenaikan penumpang tujuan Provinsi Riau seperti Selat Panjang, Bengkalis, Dumai dan Pekanbaru. Sehingga, untuk transportasi laut untuk arus mudik Natal dan Tahun baru sudah dipersiapkan termasuk kapal feri cadangan yang siap mengantar para pemudik.

“Kalau dilihat di lapangan, sudah mulai peningkatan penumpang tujuan Riau. Seperti satu kapal tujuan ke Riau sudah penuh dari Batam, namun untuk penumpang dari Tanjungbalai masih bisa terangkut,” paparnya.

Sementara itu GM PT Pelindo I Cabang Tanjungbalai Karimun Syahri Ramadhanan ketika dikonfirmasi tentang persiapan fasilitas untuk para pemudik dipelabuhan mengatakan, pihaknya sudah mempersiapkan tambahan kursi dan tenda di dalam pelabuhan Tanjungbalai Karimun. Yang berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait seperti Kantor Kesehatan Kepelabuhan, Kepolisian dan sebagainya.

“Di sini kita hanya sebagai fasilitator tempat saja. Seperti hari-hari besar lainnya, untuk memberikan kemudahan bagi calon penumpang yang akan berangkat. Dan saya himbau agar jangan membuang sampah sembarangan, mari kita jaga kawasan pelabuhan agar bersih,” harapnya.

Terpisah Ketua DPC INSA Karimun Bustami Datuk Raja Marah pihaknya, sudah mempersiapkan kapal feri cadangan seperti hari-hari besar lainnya. Dan akan dioperasikan kapan saja, ketika calon penumpang tidak terangkut oleh kapal feri reguler biasa.

“kita siapkan armada yang sudah standby 2 kapal. Dan untuk tiket harganya, seperti biasa tidak ada kenaikan,” ungkapnya.

Pantauan di lapangan, para penumpang di pagi dan siang hari masih cukup relatif ramai. Yang rata-rata para penumpang kapal, berangkat secara berkelompok dan bekerluarga seiring dengan libur Nasional dan libur sekolah. (tri)

Update