Jumat, 19 April 2024

Pelabuhan SBP Dipadati Penumpang

Berita Terkait

Ratusan penumpang saat tiba di Pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjungpinang, Senin (25/12). F.Yusnadi/Batam Pos

batampos.co.id – Dalam menghadapi libur Natal dan Tahun Baru 2018, Pelabuhan Domestik Sri Bintan Pura (SBP) telah dipadati penumpang sejak beberapa hari yang lalu. Tidak terkecuali pada saat perayaan Natal, Senin (25/12) kemarin.

Kepala Pos (Kapos) Pelabuhan SBP KSOP Kelas II Tanjungpinang, Sutrisno mengatakan bahwa kepadatan penumpang telah terjadi sejak Jumat (22/12) lalu. Menurutnya, pada hari libur ini terjadi lonjakan penumpang hingga 100 persen dari hari biasanya.

“Kalau hari biasa itu sekitar 2.500 sampai 3.000 penumpang. Tapi kalau hari libur ini bisa mencapai 5.000 penumpang per harinya atau bahkan bisa lebih,” ujarnya saat ditemui di Pelabuhan Domestik SBP, Senin (25/12) kemarin.

Menurut Sutrisno, kepadatan penumpang ini akan terus berlangsung hingga memasuki tahun baru mendatang. Sebagian besar dari para penumpang yang berangkat dari Pelabuhan Domestik SBP adalah tujuan Kota Batam dan diikuti oleh beberapa daerah lainnya.

“Banyaknya penumpang dengan tujuan Batam juga diimbangi dengan kapal yang ada. Karena tiap sebentar ada terus kapal tujuan Batam sampai jam setengah enam,” tuturnya.

Selain itu, pihaknya juga akan terus memantau kondisi cuaca yang dikirmkan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, Kualitas Udara dan Geofisika (BMKG) Kota Tanjungpinang. Pihaknya juga akan melarang kapal untuk berangkat jika kondisi cuaca memburuk.

“Kalau untuk pelayaran ke Batam masih aman. Jika gelombang tinggi, kita akan melarang kapal untuk berangkat dan memperhatikan keselamatan penumpang,” bebernya.

Sementara itu penumpang dengan tujuan Batam, Rosna mengatakan bahwa liburan akhir tahun ini ia bersama dengan suami dan tiga orang anak. Ia memilih pergi liburan ke Batam karena banyak tempat rekreasi dan terjangkau dalam segi biaya.

“Kalau ke Batam untuk tiket sekitar Rp. 60 ribu. Jadi masih terjangkau. Lagipula di Batam juga ada keluarga juga yang mau dikunjungi,” ujar warga Kijang ini.

Rencananya, ia akan berlibur ke Batam hingga usai tahun baru mendatang. Pasalnya, libur akhir tahun ini juga bertepatan dengan libur anak sekolah. Sehingga, ia bisa berlibur dengan seluruh anggota keluarganya.

“Karena kebetulan anak libur sekolah, jadi suami ambil cuti. Kami merayakan tahun baru di Batam nanti,” imbuhnya. (cr1)

Update