Kamis, 28 Maret 2024

Satgas Kebersihan Tetap Bekerja pada Hari Natal

Berita Terkait

Petugas kebersihan Kota Batam mengangkut sampah di Komplek Ruko Tunas regency, Sagulung. F. Dalil Harahap/Batam Pos

batamos.co.id – Pemerintah Kota (Pemko) Batam menjamin tak ada penumpukan sampah selama perayaan natal dan tahun baru di Kota Batam. Sejumlah petugas kebersihaan akan tetap bekerja mengakut sampah meski tanggal merah.

PLT Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Batam Herman Rozi mengatakan aktifitas pengangkutan sampah selama natal dan tahun baru tetap berlangsung seperti biasa. Bahkan, rencananya frekuensi waktu pengakutan sampah akan ditambah untuk menghindari terjadinya penumpukan sampah.

“Natal dan tahun baru kami tetap bekerja seperti biasa. Tak ada libur, agar tak ada penumpukan sampah. Bahkan rate atau frekuensi pengakutan akan lebih banyak,” imbuh Herman.

Terpisah, Kepala Bidang (Kabid) Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Fairus Batubara mengatakan pada perayaan natal Satuan Petugas (Satgas) kebersihan tetap menjalankan tugasnya disetiap kecamatan di Kota Batam.

“Pada Minggu kemarin pihaknya menyediakan 12 unit armada,” kata Fairus, Senin (25/12).

Petugas yang berjumlah 60 orang hanya bertugas menyisir sampah jalan dan wilayah-wilayah yang tertentu. Hal itu sudah rutinitas di setiap minggu-minggu sebelumnya. Hanya saja, petugas yang beragama nasrani diberikan kesempatan untuk merayakan natal. Posisi petugas beragama nasrani akan digantikan petugas beragama muslim.

“Jadi bagi seluruh satgas kebersihan yang merayakan Natal itu libur digantikan petugas beragama muslim. Seluruh petugas akan masuk sepertinya pada tanggal 26 Desember,” terang dia.

Kemudian, lanjut Fairus, pada tanggal 31 Desember hingga 1 Januari 2018 seluruh satgas tetap bekerja seperti biasa. Jam kerja juga normal seperti biasa. Biasanya para petugas nasrani memulai pekerjaannya seusai ibadah di gereja.

Fairus mengatakan pola seperti itu yang berhasil di Tahun 2016 dan 2017. “Semoga dengan adanya konsep seperti ini tidak ada tumpukan sampah,” ujarnya.

Ia menambahkan jumlah sampah akan jauh lebih banyak di hari-hari besar jika di bandingkan dengan hari biasa. Itulah sebabnya para petugas kebersihan harus siap siaga di hari libur ini. (rng)

Update