Kamis, 28 Maret 2024

Cegah Kebanjiran, Drainase Kantor Presiden Diperbaiki

Berita Terkait

batampos.co.id ā€“ Mulai 2018, kompleks Istana Kepresidenan di Jakarta tidak perlu lagi khawatir kebanjiran. Sebab sejak Oktober lalu, Kementerian PUPR melakukan perbaikan besar-besaran pada sistem drainase Istana. Untuk mendukung perbaikan itu, Presiden Joko Widodo harus rela kantornya diungsikan ke Istana Bogor sepanjang bulan ini. Saat ini, perbaikan memasuki tahap akhir.

Selasa (26/12) kemarin, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono melihat langsung progres perbaikan drainase tersebut. Sebagian besar pekerjaan telah selesai dilakukan. Targetnya, akhir tahun ini seluruh pekerjaan bisa selesai dan dilanjutkan pemeliharaan.

ā€™ā€™Mudah-mudahan setelah pekerjaan drainase ini selesai, kawasan istana Jakarta terbebas dari banjir,ā€™ā€™ terang Basuki di sela peninjauan, kemarin.

Perbaikan drainase dilakukan dengan beberapa jenis pekerjaan. Mulai pemasangan box culvert sebagai saluran utama sepanjang 1.535 meter. Kemudian, peasangan U Ditch atau saluran kecil sepanjang 2.172 meter, pembuatan area pemanen hujan, plus pengadaan pompa dengan kapasitas 750 liter per detik.

Pekerjaan dilakukan di sisi timur dan barat Istana. Sisi timur melingkupi Istana Merdeka, kantor presiden, dan biro umum. Sementara pekerjaan di sisi barat berbentul huruf L, dimulai dari Kantor Staf Presiden di gedung eks Bina Graha, halaman depan Istana Negara, kemudian berbelok ke selatan hingga sampai ke area Masjid Baiturrahim di sisi barat Istana Merdeka.

Pekerjaan tersebut tidak bisa dilakukan dalam waktu singkat karena menyesuaikan jam kerja presiden. Setelah presiden pulang, barulah pekerjaan di sekitar Istana Merdeka dan kantor Presiden bisa dilakukan.

ā€™ā€™Tapi, sejak Presiden berkantor sebulan di Istana Bogor, pekerjaan dilakukan 24 jam,ā€™ā€™ lanjut drummer Elekyo Band itu. Pekerjaan bisa dilakukan lebih leluasa, dan kabel-kabel utilitas di bawah tanah bisa ditata ulang.

Sementara itu, Dirjen Cipta Karya Sri Hartoyo menuturkan, berdasarkan hitungan, saat ini progres pekerjaan sudah mencapai 93 persen.

ā€™ā€™Untuk antisipasi lapangan becek, kami sediakan mobil semprot untuk mebersihkan lumpur,ā€™ā€™ tuturnya. Sementara, mulai hari ini gundukan-gundukan tanah bekas galian di sejumlah titik akan diangkut.

Meskipun nanti istana akan bebas banjir, tetap diupayakanagar tidak berdampak pada kawasan di sekitarnya. Untuk diketahui, posisi Istana memang lebih rendah dari sungai ciliwung di sisi timur maupun sungai kecil di sisi utara. Bakal ada skenario ketika terjadi hujan dnegan intensitas tinggi.

Saat hujan, air tidak akan langsung dipompa ke sungai. Melainkan, disalurkan ke dua penampungan berkapasitas 57 dan 292 kubik. Bila debit sungai sudah normal, barulah penampungan tersebut dikuras dan airnya dibuang ke sungai. Di saat bersamaan, sebagian airnya juga bisa dimanfaatkan untuk menyirami halaman kompleks istana kepresidenan yang cukup luas.

Kompleks Istana kepresidenan Jakarta memiliki luas sekitar 68 ribu meter persegi. Termasuk di dalamnya adalah kompleks perkantoran sekretariat negara, kantor wakil presiden, dan kantor Dewan pertimbangan Presiden.

Pada 17 Januari 2013, saat banjir besar melanda Jakarta, kompleks Istana juga tidak luput dari dampaknya. Area Istana kebanjiran, dan di beberapa titik mencapai setengah meter. Foto Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menggulung celana di koridor dekat Wisma Negara pun sempat viral saat itu. (byu/jpg)

Update