Jumat, 19 April 2024

Petugas Bandara Periksa Barang Bawaan Penumpang

Berita Terkait

Australia Desak Warganya Segera Tinggalkan Israel

Hasan: Saya Akan Taati Proses Hukum

Petugas Avsec memeriksa kendaraan dan bawaannya di pintu masuk Bandara Raja Haji Fisabilillah Tanjungpinang, Selasa (26/12). F.Yusnadi/Batam Pos

batampos.co.id – Petugas Aviation Security (Avsec) Bandara Raja Haji Fisabilillah (RHF), Tanjungpinang melakukan pemeriksaan terhadap seluruh kendaraan yang hendak masuk ke kawasan Bandara, Selasa (26/12) pagi.

Avsec Sekuriti Junior Manager Bandara RHF, Zaini Ahmad mengatakan, pemeriksaan kendaraan ini dilakukan dalam rangka pengamanan libur Natal dan Tahun Baru. Adapun kegiatan ini, dilaksanakan mulai 18 Desember hingga 8 Januari 2018 mendatang.

“Kita bekerja sama dengan Polsek bandra RHF, dari lanud dan wings dua tanjung pinang. Sasarannya semua kendaraan baik penjemput dan pengantar roda empat maupun roda dua. Selain itu juga di kargo,” katanya.

Dalam kegiatan ini, petugas mengantisipasi barang-barang berbahaya yang dibawa oleh pengguna jasa Bandara RHF. Namun, dalam pelaksanaannya dalam beberapa hari terakhir, petugas belum menemukan adanya barang yang mencurigakan.

“Kalaupun ada benda tajam atau berbahaya akan kami tahan dulu disini. Sementara barang yang berbahaya akan kita serahkan ke polisi atau TNI,” tuturnya.

Zaini menambahkan, petugas Avsec bandara bersama dengan instansi lainnya yang berjumlah 20 personil akan terus melakukan pemeriksaan rutin hingga libur Natal dan Tahun Baru usai.

Sementara itu, Komandan Regu Avsec Bandara RHF, Rudi Suhaemi juga memerintahkan kepada anggotanya untuk mengantisipasi kurir yang membawa narkoba ke sejumlah daerah di Indonesia.

Pasalnya, beberapa waktu yang lalu ribuan ekstasi hampir lolos keluar dari Tanjungpinang melalu bandara. Selain itu, di petugas Avsec Bandara Hang Nadim Batam juga telah mengagalkan beberapa kurir sabu di bandara.

“Untuk antisipasi peredaran narkoba sudah pasti kita perketat pemeriksaan. Beberapa waktu yang lalu juga kita temukan ekstasi dan langsung koordinasi dengan polisi. Sementara, untuk kondisi mesin X-Ray cukup bagus dan saat ini sedang ditambah dengan unit baru,” ucapnya. (cr1)

Update