Kamis, 25 April 2024

Warga Minta Polisi Tertibkan Angkot Ngetem Simpang Panbil

Berita Terkait

Angkutan umum yang ngetem di Simpang Dam, Mukakuning membuat jalan jadi macet.
Foto: Dalil Harahap/ Batam Pos

batampos.co.id – Masyarakat pengguna jalan kembali mengeluhkan aktifitas angkutan kota (Angkot) ngetem tengah jalan di Simpang Pabil. Warga berharap pos polisi yang berjaga di lokasi tersebut segera menertibkan sopir dan angkot ngetem itu.

“Padahal angkot ngetem di depan pos polisi. Harusnya mereka menertibkan,” keluh Andri, salah seorang pengguna jalan.

Kelihan warga ini, kata dia, cukup beralasan, sebab saat jam sibuk pagi dan sore hari jalan di wilayah tersebut selalu terjebak macet. Itu lantaran ulah para sopir angkot yang ngetem diatas bahu jalan, sehingga arus lalu lintas terhambat.

Kecelakaan lalu lintas juga kerap terjadi sebab saat pengendara lain mencoba melewati angkot yang ngetem itu akan bersenggolan bahkan tabrakan dengan kendaraan lain yang melaju di sebelah kanan jalan.

“Yang kami sesalkan kenapa seakan dibiarkan. Padahal ada polisi yang jaga disana,” sesal Anggi, salah seorang karyawati di kawasan industri di Batamindo.

Pemandangan serupa juga terlihat di jembatan penyeberangan SP Plaza, Batuaji. Jembatan yang sejatinya menjadi tempat penyebrangan pengguna jalan malah dijadikan terminal bagi angkot. Tak khayal kemacetan menjadi pemandangan sehari-hari.

Supir angkot disana ini juga terkesan arogan. Bahkan tak jarang warga pengguna jalan sering kali terlibat cek cok dengan para sopir angkot. Itu karena para sopir angkot merasa menguasai jalan dan tak terima jika ditegur oleh pengendara lain.

“Kita tegur dan kasih tahu baik-baik. Malah mereka yang marah dan gak terima. Kalau diladenin bisa cek cok,” kata Wahyu, warga lainnya.

Dengan adanya keluhan-keluhan itu, warga berharap agar pihak kepolisian dan instansi pemerintah terkait segera ambil tindakan tegas untuk menertibkan angkot yang berulah itu. “Kalau tak segera, akan bahayakan pengguna jalan,” imbuh dia. (rng)

Update