Selasa, 23 April 2024

Kapal Barang Sulit Merapat

Berita Terkait

Pelabuhan Tanjung Payung Penagi Natuna. F. Aulia Rahman/Batam Pos.

batampos.co.id – Rambu laut di alur masuk pelabuhan Penagi di Tanjung Payung Natuna rusak tersisa diterjang gelombang musim Utara. Akibatnya kapal barang sulit merapat ke pelabuhan.

Kapten Kapal Bayu Permata Asril mengaku, sudah satu bulan terakhir tidak satu pun Rabu laut terpasang di alur masuk pelabuhan Penagi. Semuanya rusak setelah cuaca buruk.

“Kami sulit masuk ke alur pelabuhan. Terutama malam hari, apalagi kapten yang baru masuk di di Penagi. Sekarang hanya mengandalkan piling dan GPS, kalau alat eror kami bisa nabrak karang,” ujar Asril, Jumat (29/12).

Asril berharap, kelengkapan rambu laut di Penagi mendapat perhatian pemerintah, sebelum terjadi kecelakaan kapal. Akibat tidak adanya rambu laut di alur Penagi. Sementara kapal barang merapatnya di Penagi.

Sementara Kepala Dinas Perhubungan Pemkab Natuna Iskandar DJ memastikan, kerusakan rambu di alur Penagi segera di perbaiki untuk sementara.

Dikatakan Iskandar, rambu laut di alur Penagi juga akan dilengkapi oleh Pemerintah Provinsi di tahun 2018. Sekaligus melanjutkan pelebaran pelabuhan bongkar muat Penagi.

“Jadi rambu laut di alur Penagi akan dilengkapi tahun 2018. Itu satu paket dengan pelebaran pelabuhan,” sebut Iskandar.

Tahun 2017 ini lanjutnya, Pemerintah Provinsi sudah alokasikan dana sebesar Rp 5 miliar untuk pelebaran dan penambahan panjang pelabuhan. Tahun 2018 akan dilanjutkan.

Dalam rencananya penambahan panjang pelabuhan sekitar 200 meter sekaligus pembangunan gudang. Namun gudang ditunda karena defisit anggaran di Provinsi dan Kabupaten.(arn)

Update