Kamis, 25 April 2024

Lion Air Buka Rute Batam-Korea

Berita Terkait

batampos.co.id – Maskapai Lion Air kembali melakukan ekspansi nya dengan membuka rute internasional charter baru. Kali ini Lion Air terbang menuju dua kota di Korea Selatan, yaitu Busan dan Incheon dari Batam melalui Bandara Internasional Hang Nadim.

Corporate Communication Lion Air Group Ramaditya Handoko mengatakan, penerbangan dari Batam menuju Busan sudah beroperasi sejak Sabtu, 23 Desember 2017 lalu. Begitupun sebaliknya, penerbangan dari Busan menuju Batam juga telah dioperasikan perdana pada tanggal yang sama.

Penerbangan rute tersebut dilayani Lion Air dengan frekuensi satu kali penerbangan per empat harinya. Untuk jadwal keberangkatan dari Batam pada pukul 12.00 dan tiba di Busan pada 20.30 waktu setempat dengan nomor penerbangan JT 2739. Sedangkan penerbangan dari Busan akan dijadwalkan berangkat pada pukul 22.05 dan tiba di Batam pada 02.35 waktu setempat dengan nomor penerbangan JT 2738.

Sedangkan penerbangan menuju Incheon telah beroperasi sejak Minggu (24/12) lalu. Seperti halnya rute Batam-Busan, penerbangan Batam-Incheon juga dilayani sekali per empat hari. Jadwal keberangkatan dari Batam menuju Incheon pada pukul 20.00 WIB dengan nomor penerbangan JT 2737. Sedangkan penerbangan dari Incheon akan berangkat pada pukul 06.00 WIB waktu setempat dengan nomor penerbangan JT 2736.

“Hal ini merupakan salah satu bentuk pelayanan lebih kepada para pelanggan kami baik dari Busan maupun Incheon untuk dapat berkunjung menuju Indonesia melalui Batam,” kata Ramaditya Handoko melalui rilisnya, Jumat (29/12).

Menurut Ramaditya, rute internasional baru ke Korea Selatan ini merupakan bentuk Lion Air membantu pemerintah meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia.

“Begitu pun sebaliknya, penerbangan menuju Korea Selatan kami berikan untuk mempermudah akses warga tanah air untuk pergi menuju negara tersebut,” ujar Ramaditya.

Pria yang akrab disapa Rama ini menambahkan bahwa penerbangan charter ini juga di dukung oleh pihak travel seperti Global Aviation Alliance Co.,Ltd dan Sky Angkor Air dalam membawa turis dari Korea Selatan tersebut menuju Indonesia. Untuk melayani penerbangan charter ini Lion Air menggunakan pesawat terbarunya yaitu Boeing 737 MAX 8 yang dapat mengangkut 175 penumpang dengan konfigurasi tempat duduk kelas ekonomi.

Rencananya, penerbangan charter ini akan beroperasi hingga Maret 2018 dan tidak menutup kemungkinan untuk diperpanjang bahkan dijadikan penerbangan regular karena euforia dan minat yang tinggi dari para pelanggan.

“Untuk ke depannya pun Lion Air akan menambah ke beberapa kota di Korea Selatan seperti ibukota nya, yaitu Seoul,” ujarnya.

Hingga saat ini Lion Air Group telah memiliki sejumlah rute internasional. Antara lain Singapura, Malaysia, Australia, India, China, Saudi Arabia, dan Korea Selatan, dengan frekuensi mencapai lebih dari 630 penerbangan per harinya. Penerbangan internasional ini didukung 116 armadanya dengan berbagai tipe seperti Boeing 737-800, Boeing 737-900 ER, Boeing 747-400, Boeing 737 MAX 8, dan Airbus A330-300. (ska)

Update