Kamis, 18 April 2024

Nelayan Dapat Tambahan Pasokan Solar

Berita Terkait

batampos.co.id – Menjawab tingginya kebutuhan solar untuk para nelayan, pemerintah pusat akan segera merealisasikan pembangunan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Minyak (SPBU) di Kecamatan Tambelan.

Bupati Bintan Apri Sujadi mengatakan, mulanya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bintan mengajukan penambahan kuota solar bagi nelayan di Tambelan. Kebutuhan solar nelayan mencapai 200 kilo liter sebulan sedangkan kuota solar yang disalurkan hanya 80 ton sebulan.

“Waktu kami mengusulkan penambahan kuota solar, rupanya di pusat ada program lembaga penyaluran BBM (Bahan Bakar Minyak ) satu harga, lalu kami mengusulkan di Tambelan. Alhamdulillah disetujui, asalkan di sana dibangun SPBU yang memadai untuk kapal nelayan bersandar,” jelasnya.

Sebelum direalisasikan, ia mengatakan, saat ini pihaknya sedang melakukan koordinasi dengan operator program penyedia BBM satu harga yakni PT National Ferreous. Apri juga mengatakan, banyak keuntungan yang diperoleh pemerintah dengan dibangunnya SPBU di Tambelan. “Nantinya harga solar dan premium yang dijual operator satu harga,” ungkapnya.

Tak hanya itu ia juga akan kembali mengusulkan penambahan kuota solar bagi nelayan Tambelan karena diperkirakan permintaan solar akan meningkat seiring program ini berjalan. “Kami tetap akan meminta penambahan kuota solar. Saya telah menginstruksikan kepala dinas perikanan, kepala bagian ekonomi dan kepala dinas perhubungan untuk kembali mendata jumlah nelayan, kapal dan solar yang dibutuhkan,” tukasnya. (cr21)

Update