Kendaraan roda dua hasil razia dan lakalantas selama 2017 terjadi penurunan. F. Tri Haryono/Batam Pos.

batampos.co.id – Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Karimun bersama instansi terkait, sukses berlakukan Car Free Night (CFN) di wilayah Coasta Area Tanjungbalai Karimun yang dimulai pukul 18.00 WIB hingga 01.00 WIB saat malam pergantian tahun. Sehingga, kenyamanan masyarakat baik itu yang berjalan kaki maupun menggunakan kendaraan roda dua dan empat berjalan lancar dan tidak terjadi kemacetan yang semrawut.

Iklan

“Saya ucapkan terimakasih kepada seluruh masyarakat pulau Karimun yang telah mentaati pemberlakukan CFN di Coastal Area,” kata Kasatlantas Polres Karimun AKP Teuku Fazrial Kenedy, kemarin (1/1).

Sedangkan, selama tahun 2017 untuk kejadian Kecelakaan Lalu Lintas (Lakalantas) diwilayah hukum Polres Karimun. Dimana pada tahun 2017 lalu, angka kejadian lakalantas hanya 56 kasus dengan korban jiwa yang meninggal dunia 19 orang ada yang meninggal ditempat maupun saat dirawat rumah sakit. Sedangkan, kerugian maril yang ditimbulkan akibat lakantas juga turun hanya Rp170.400 Juta.

Dan pada tahun 2016 untuk kejadian lakalantas mencapai 79 kasus dengan memakan korban jiwa meninggal dunia 29 orang. Sedangkan, untuk kerugian materil mencapai Rp312.700 Juta. Sementara untuk luka berat dan ringan di tahun 2016 mencapai 110 kasus, sedangkan di tahun 2017 hanya 99 kasus cukup yang berarti dari keseluruhan terjadi penurunan kasus lakalantas.

“Kalau perbandingan ada penurunan angka kasus lakalantas. Walaupun demikian, kita tetap melakukan patroli maupun razia kendaraan untuk menekan angka kecelakaan di tahun 2018 nanti,” jelas Kenedy.

Dimana, terjadi lakalantas rata-rata didominasi roda dua baik itu lakalantas secara tunggal maupun dengan kendaraan lain roda dua atau roda empat dan mobil truk. Untuk itu pihaknya tetap menghimbau kepada masyarakat agar saat menggunakan kendaraan, jangan sambil memegang telepon seluler dan tetap wajib menggunakan pengaman helm serta membawa surat-surat kendaraan.

“Sayangilah jiwa anda. Jangan selalu menerobos lampu merah, terutama pada malam hari yang akan merugikan para penggendara sendiri. Mana tau nasib tidak mujur, bisa terjadi kecelakaan tunggal atau dengan kendaraan lainnya. Dan selamat tahun baru 2018,” pesannya.

Pantauan di lapangan, walaupun saat pergantian tahun 2018 lalu kota Tanjungbalai Karimun dan sekitarnya diguyur hujan. Namun, antusias masyarakat untuk menikmati pergantian tahun yang berpusat di Coastal Area tidak bergeming sambil menunggu kembang api di udara oleh sejumlah warga. Sementara anggota Satlantas Polres Karimun dan instansi terkait, saling membahu untuk mengatur lalulintas yang diberlakukan satu arah. (tri)