Bupati Karimun Aunur Rafiq meninjau kesiapan peserta lomba sampan layar di Desa Pongkar. F. Humas Pemkab Karimun untuk Batam Pos.

batampos.co.id – Kalender wisata di awal tahun 2018 dibuka dengan perlombaan sampan layar di Desa Pongkar, Kecamatan Tebing, Senin (1/1) di Pantai Ketam. Sebanyak lima peserta mengikuti lomba yang dibuka Bupati Karimun, Aunur Rafiq.

Iklan

Meski diguyur hujan, namun tidak menyurutkan peserta lomba sampan layar sap lima orang ini, untuk bertanding. Sampan layar Bintan Tiga asal Ranggam berhasil keluar sebagai juara. Atas keberhasilan ini, Ranggam berhak membawa pulang uang tunai Rp4 juta, plus Rp1 juta tambahan dari Bupati.

Di posisi kedua diduduki sampan Panah Sakti, Desa Lebuh, dan membawa pulang Rp2,75 juta. Di tempat ketiga diraih sampan layar Peluru Pandu, Kecamatan Buru dengan membawa pulang Rp1,5 juta. Sementara diposisi ke empat, dan lima mendapat hadiah Rp500 ribu.

Kegiatan diselenggarakan oleh Karangtaruna dan Pemerintah Desa Pongkar, Kecamatan Tebing. Perlombaan sampan layar bersifat terbuka untuk umum, dan dalam rangka meningkatkan silaturahmi sekaligus mengembangkan potensi parisiwata bahari.
Bupati Aunur Rafiq mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan Karang Taruna Desa Pongkar. Selain memeriahkan penyambutan awal tahun, juga dapat meningkatkan kepariwisataan di Pantai Ketam.

“Sampan layar melambangkan tentang sebuah kepulauan, dan perairan. Semoga kegiatan ini dapat memberikan hal yang baik, dan positif dalam meningkatkan kepariwisataan di Kabupaten Karimun,” ujar Bupati.

Melihat kondisi, dan cuaca yang baik, Bupati tetap mengingatkan kepada peserta untuk tetap menjaga keselamatan. “Jangan sekadar mengejar kemenangan, tapi tetaplah menjaga keselamatan selama bertanding,” pesan Bupati sebelum membuka perlombaan.
Pada kesempatan itu, Bupati juga menambahkan uang pembinaan bagi para pemenang. Untuk juara pertama ditambah Rp1 juta, juara kedua Rp750 ribu, juara ketiga dan keempar Rp500 ribu.

“Selamat kepada pemenang. Semoga ke depan, kegiatan sampan layar di Desa Pongkar menjadi agenda tahunan Pemerintah Kabupaten Karimun. Dan kepada pengunjung diminta untuk dapat menjaga kebersihan pantai dengan membuang sampah pada tempatnya,” ujar Bupati. (enl)